Waduk Cengklik, Tempat Menanti Keindahan “Sunset” Terbaik di Boyolali

Kompas.com - 21/06/2019, 17:09 WIB
Keindahan Matahari Terbenam di Waduk Cengklik, Boyolali yang bersanding dengan Gunung Merapi, Merbabu, dan Telomoyo. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaKeindahan Matahari Terbenam di Waduk Cengklik, Boyolali yang bersanding dengan Gunung Merapi, Merbabu, dan Telomoyo.

BOYOLALI, KOMPAS.com – Musim kemarau memang saat yang pas bagi para pemburu keindahan matahari terbit dan terbenam. Cuaca yang cenderung cerah membuat tidak ada awan yang menghalangi pemandangan ke ufuk barat atau timur.

Mungkin bagi kamu, sunset lebih disukai daripada sunrise. Hal itu karena kamu tidak perlu bangun pagi-pagi sekali dan menembus udara dingin yang lazim dilakukan para sunrise hunter.

Baca juga: 5 Obyek Wisata Boyolali, Pas untuk Dikunjungi saat Mudik

Bagi kamu yang tinggal atau berdomisili di Boyolali, berburu keindahan matahari terbenam bisa dilakukan dengan mudah. Salah satu tempat terbaik untuk menjepret momen sunset ada di Waduk Cengklik.

Lokasi Waduk Cengklik tepatnya ada di Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Waduk ini cukup dekat dari Bandara Internasional Adi Soemarmo dengan jarak hanya sekitar 4 kilometer atau waktu tempuh kurang-lebih 10 menit.

Waktu berburu sunset di Waduk Cengklik Boyolali

Saat musim kemarau, matahari akan terbenam di ufuk barat sekitar pukul 17.30 WIB. Namun, di Waduk Cengklik matahari akan terbenam lebih cepat. Hal itu karena terdapat kawasan pegunungan dan dua gunung tinggi di sisi barat.

Momen sunset di Waduk Cengklik pun akan terjadi sekitar pukul 17.15 WIB. Itu pun tergantung posisi matahari. Jika posisi matahari sejajar dengan Gunung Merbabu, maka momen sunset akan terjadi lebih cepat.

Perahu Nelayan di Waduk Cengklik Berlatar Belakang Gunung Merbabu dan Matahari Terbenam.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Perahu Nelayan di Waduk Cengklik Berlatar Belakang Gunung Merbabu dan Matahari Terbenam.

Saat KompasTravel berkunjung ke Waduk Cengklik, Hari Kamis (20/07/2019), matahari sudah mulai menghilang sekitar pukul 17.15 WIB. Posisi matahari berada di sebelah utara Gunung Merbabu, tepatnya lereng Gunung Telomoyo.

Oleh karena itu, jika kamu berencana untuk berburu keindahan matahari terbenam dalam waktu dekat, hendaknya datanglah maksimal pukul 17.00 WIB. Lebih baik jika datang lebih awal sehingga kamu bisa menikmati suasana sebelum momen matahari terbenam.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X