10 Jenis Olahan Nasi di Jakarta, Kamu Sudah Pernah Coba yang Mana?

Kompas.com - 22/06/2019, 09:01 WIB
Ilustrasi nasi putih AmaritaIlustrasi nasi putih

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, tentu lazim mengonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok.

Nasi putih di Jakarta tentu tak begitu berbeda bentuk dan cara pengolahannya jika dibandingkan dengan nasi putih yang ada di daerah lain.

Namun tahukah kamu, tak hanya nasi putih, di Jakarta ada beragam olahan nasi dengan cara pengolahan yang berbeda-beda.

Berikut 9 jenis olahan nasi selain nasi putih yang ditulis Abdul Chaer dalam bukunya yang berjudul "Betawi Tempoe Doeloe: Menelusuri Sejarah Kebudayaan Betawi".

Nasi uduk yang disajikan di Restoran Menjangan, Kemang.KOMPAS.com / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Nasi uduk yang disajikan di Restoran Menjangan, Kemang.

1. Nasi Uduk

Nasi uduk terbuat dari bahan beras biasa yang dimasak dengan santan kelapa dan beberapa bumbu lain seperti daun salam, sereh, dan bahan lainya.

Bagi masyarakat Betawi, nasi uduk biasanya disajikan saat menggelar kenduri dan bukan nasi yang disantap untuk makan sehari-hari.

Namun nasi uduk biasanya juga dijajakan oleh penjual keliling. Nasi uduk akan dibungkus dengan daun pisang, dibubhi bawang goreng dan sambal, ban dipadukan dengan beragam masakan.

Nasi ulam di Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Nasi ulam di Kampung Bekelir, Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018).

2. Nasi Ulam

Sama seperti nasi uduk, nasi ulam juga terbuat dari beras biasa yang ditamahkan beraneka ragam bumbu.

Namun yang menarik dari nasi ulam adalah aroma daun kemangi yang membuatnya semakin sedap.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X