Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Wisata untuk Berburu Kerak Telor, Kuliner Khas Jakarta

Kompas.com - 22/06/2019, 10:08 WIB
Rifqi Aufal Sutisna,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kerak telor merupakan makanan khas Betawi, budaya asli Jakarta. Hingga saat ini, kerak telor masih menjadi kudapan eksis saat perayaan kebudayaan Betawi seperti festival palang pintu atau festival pecinan yang rutin digelar.

Kerak telor juga bisa Kamu temui di beberapa titik destinasi wisata Jakarta.

Jika kamu ingin merasakan sensasi gurih campuran telur dan beras ketan itu, sambangi 7 tempat wisata di Jakarta ini, seperti dihimpun KompasTravel.

1. Setu Babakan

Perahu angsa di Setu Babakan, Jakarta Selatan.KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEAN Perahu angsa di Setu Babakan, Jakarta Selatan.

Tempat terbaik untuk berburu kerak telor adalah Setu Babakan. Selain menyajikan kerak telor dan kudapan khas Jakarta lainnya, Setu Babakan juga merupakan pusat kegiatan kesenian Betawi.

Jadi sambil makan kerak telor, tontonlah kegiatan tersebut agar kamu kaya akan pengetahuan budaya asli Jakarta ini.

2. Lapangan Banteng

Masyarakat sedang menanti air mancur di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6/2019).KOMPAS.com/ CYNTHIA LOVA Masyarakat sedang menanti air mancur di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (8/6/2019).

Ketika hari mulai petang menuju malam, beberapa pedagang kerak telor menjajakan dagangannya tak jauh dari parkiran motor.

Kamu bisa berburu kerak telor dan menikmatinya sambil menonton air mancur menari setiap akhir pekan di Lapangan Banteng pukul 18.30, 19.30, dan 20.30 WIB.

3. Taman Mini Indonesia Indah

Malam tahun baru, pengunjung padati TMII, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (31/12/2018)KOMPAS.com/Ryana Aryadita Malam tahun baru, pengunjung padati TMII, Cipayung, Jakarta Timur, Senin (31/12/2018)

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) memiliki banyak spot rekreaksi untuk keluarga.

Jika kamu ke sini, jangan lupa juga untuk mencicipi kerak telor yang tersebar di beberapa titik TMII. Biasanya, pada saat gelaran acara di Anjungan DKI kerap ada penjualnya.

4. Monumen Nasional

Suasana di Monumen Nasional (Monas) pada H+1 Idulfitri, Kamis (6/6/2019).KOMPAS.com/Vitorio Mantalean Suasana di Monumen Nasional (Monas) pada H+1 Idulfitri, Kamis (6/6/2019).

Monumen Nasional (Monas) menyediakan titik perbelanjaan khas Jakarta. Mulai dari baju, aksesoris, dan kuliner khas Jakarta ada di Monas, tak terkecuali kerak telor.

Kamu bisa menyantap kerak telor sambil mendengar senandung musik di sekitar Monas.

5. Kebun Bintang Ragunan

ILUSTRASI - Pengunjung memberi makan unta di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu (12/9/2010). Pada libur Lebaran ini, banyak warga Ibu Kota mendatangi lokasi wisata maupun tempat hiburan lainnya. KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN ILUSTRASI - Pengunjung memberi makan unta di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu (12/9/2010). Pada libur Lebaran ini, banyak warga Ibu Kota mendatangi lokasi wisata maupun tempat hiburan lainnya.

Siapa yang tak tahu Kebun Bintang Ragunan? selain menyuguhkan berbagai jenis hewan, di Ragunan juga sering terdapat penjual kerak telor.

Kamu bisa menikmati kerak telor ini dengan keluarga saat liburan, ditemani pemandangan hewan-hewan menarik.

6. Kota Tua

Suasana Kawasan Wisata Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu (8/6/2109)Walda Marison Suasana Kawasan Wisata Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu (8/6/2109)

Di kawasan Museum Fatahilah dan sekitarnya kerap tersedia penjual kerak telor.

Apalagi ketika kawasan Kota Tua sedang ramai saat malam hari, banyak pilihan kerak telor yang bisa kamu buru sepuasnya.

7. Ancol

Jembatan Cinta, Ancol.Dok. Ancol Jembatan Cinta, Ancol.

Ancol sekarang memiliki Kampung Betawi yang menyediakan berbagai oleh-oleh khas Betawi, tak terkecuali kerak telor.

Sambil menikmati semilir dan gelombang air laut, makan kerak telor di Ancol menjadi lebih nikmat dan berkesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com