5 Tips Agar Terhindar dari Kecelakaan saat Berlibur ke Luar Negeri

Kompas.com - 22/06/2019, 11:17 WIB
Ilustrasi kecelakaan mobil.SHUTTERSTOCK Ilustrasi kecelakaan mobil.


KOMPAS.com - Berlibur ke luar negeri tentu menjadi sensasi tersendiri. Kamu memiliki kesempatan untuk menjelajahi tempat baru, budaya baru, dan belajar banyak hal baru. Selain itu, kamu juga bisa melihat pemandangan menakjubkan yang belum pernah dilihat langsung.

Meskipun berpergian ke luar negeri itu menyenangkan, terdapat pula risiko cedera atau kecelakaan yang bisa datang kapan saja. Penting bagi kamu yang ingin pergi ke luar negeri untuk memahami dan meminimalisir risiko tersebut agar traveling tidak terhambat.

Berikut KompasTravel menghimpun memberikan kiat-kiat untuk mencegah terjadinya cedera dan kecelakaan saat berlibur ke luar negeri. Jangan lupa jaga selalu keselamatan!

1. Hindari Jalan dan Naik Angkutan Umum

Taksi di Istanbul.theistanbulinside Taksi di Istanbul.

Menggunakan transportasi umum memungkinkan kamu sampai ke tempat tujuan tanpa harus menavigasi maps melalui ponsel pintar. Menelusuri jalanan tentu akan lebih mudah dan aman jika naik transportasi umum.

Naik transportasi umum juga membuatmu terhindar dari kondisi jalan dan lalu lintas yang berbeda dengan Indonesia, cukup berbahaya bagi yang belum terbiasa dengan perbedaan tersebut.

2. Ikuti Panduan Keselamatan

Transportasi umum bukan tanpa risiko. Pastikan Kamu meninjau informasi keselamatan yang diberikan oleh otoritas transportasi setempat, ikuti panduan itu dengan cermat.

Panduan tersebut dirancang agar wisatawan aman. Mengabaikan ini dapat meningkatkan kemungkinan kecelakaan.

3. Pelajari Aturan Jalan

Ilustrasi lalu lintasMARTIN BUREAU / AFP Ilustrasi lalu lintas

Jika kamu memutuskan untuk mengemudi, penting untuk mempelajari aturan lalu lintas dan kebiasaan setempat.

Jangan pernah berasumsi kamu dapat mengemudi dengan cara yang sama ketika berpergian di dalam negeri. Kamu harus lebih berhati-hati mengemudi kendaraan di negeri orang.

4. Tetap Waspada

Ketika kamu mengemudi dan berjalan-jalan di luar negeri, penting untuk tetap waspada setiap saat. Di Los Angeles, misalnya. Semakin banyak pejalan kaki terlibat kecelakaan karena mereka tidak memperhatikan lingkungan sekitar.

Jangan pula selalu terpaku atau memainkan ponsel pintar di jalanan karena juga dapat meningkatkan risiko kecelakaan, baik untuk kamu sendiri ataupun orang lain.

5. Perhatikan Bahaya Destinasi Tujuan

Apakah kamu senang melihat panorama indah di obyek wisata alam di luar negeri? Pemandangan itu mungkin menakjubkan, tetapi penting untuk tetap berhati-hati.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X