Tiga Bayi Bison Eropa dan Amerika Hadir di Taman Safari Prigen

Kompas.com - 23/06/2019, 13:10 WIB
Salah satu bison yang lahir di Taman Safari Prigen, Kabupaten Pasuruan. Dok. Taman Safari PrigenSalah satu bison yang lahir di Taman Safari Prigen, Kabupaten Pasuruan.


MALANG, KOMPAS.com - Tiga ekor bison lahir di Taman Safari Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Dua ekor merupakan spesies Bison bonasus dari Eropa dan satu ekor spesies Bison bison dari Amerika.

Dua ekor bison asal Eropa diberi nama Tiras dan Thomas. Tiras berjenis kelamin dan lahir pada 11 Januari 2019. Sedangkan Thomas lahir pada 11 April 2019.

Tiras lahir dari indukan jantan Titus dan indukan betina Rasya. Adapun Thomas lahir dari indukan jantan Titus dan indukan betina Sandra.

Baca juga: Taman Safari Indonesia Resmikan Kandang untuk Kembang Biak Elang Jawa

Sementara itu, bison asal Amerika yang diberi nama Cleo berjenis kelamin betina. Cleo lahir dari indukan jantan Nanduira dan betina Keysa pada 29 Maret 2019.

Dokter Hewan Taman Safari Prigen, drh. Nanang Tedjo Laksono mengatakan, terdapat perbedaan postur tubuh antara bison asal Eropa dan Amerika.

Bison asal Amerika perawakan tubuhnya lebih besar dibanding bison asal Eropa.

"Bison Amerika memiliki perawakan yang lebih besar jika dibandingkan dengan bison Eropa," katanya.

Baca juga: Bayi Kembar Cotton-Top Tamarin Lahir di Taman Safari Prigen

Selain itu, bison asal Amerika juga memiliki bentuk tubuh tinggi di bagian depan dan pendek di bagian belakang. Berbeda dengan bison asal Eropa yang tinggi tubuhnya dari depan ke belakang cenderung rata.

Dari sisi warna, kulit bison asal Eropa terlihat kecoklatan dan bison asal Amerika terlihat lebih gelap.

"Rambut bison Amerika lebih panjang dan lebar, jika dibanding dengan bison Eropa," katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X