5 Tempat Ikonik untuk Melihat Mural di Kota Solo

Kompas.com - 23/06/2019, 17:09 WIB
Warga tengah berfoto di sekitar lukisan mural wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Koridor Gatot Subroto Solo, Jawa Tengah, Senin (20/11/2017). KOMPAS.com/Labib ZamaniWarga tengah berfoto di sekitar lukisan mural wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Koridor Gatot Subroto Solo, Jawa Tengah, Senin (20/11/2017).

KOMPAS.com – Mural atau lukisan yang memanfaatkan dinding sebagai media lukis bisa ditemui di berbagai tempat di Kota Solo.

Apabila kamu datang ke kota tempat kelahiran Presiden Jokowi ini, kamu bisa mendapati lukisan mural di beberapa tempat.

1. Koridor Gatsu

Pengunjung bersantai di koridor gatsuKOMPAS.com/NUR ROHMI AIDA Pengunjung bersantai di koridor gatsu

Sepanjang koridor Jalan Gatsu (Gatot Subroto), Kamu bisa mendapati banyak lukisan mural yang banyak dilukis para seniman di dinding-dinding pertokoan.

Pembuatan mural di koridor Gatsu merupakan program dari "Solo is Solo" yang diadakan untuk menciptakan ikon atau destinasi wisata baru di Kota Solo.

Baca juga: 8 Kuliner yang Bisa Kamu Coba di Kota Solo Saat Malam Hari

Selain terdapat lukisan mural Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) di sepanjang koridor Gatsu tesebut juga terdapat lukisan mural sang Maestro Keroncong Indonesia yang terkenal melalui lagu "Bengawan Solo", Gesang Martohartono alias Gesang.

Tak hanya itu, lukisan mural bertema sumpah pemuda, perjuangan, budaya anak muda zaman sekarang, pop culture (budaya populer), dan lukisan mural lain tergambar di 40 bangunan rumah toko sepanjang koridor Jalan Gatsu.

2. Kampung Joho

Seorang bocah melintas di depan lukisan mural Presiden Jokowi di Kampung Joho, Solo, Jawa Tengah, Kamis (1/3/2018).KOMPAS.com/Labib Zamani Seorang bocah melintas di depan lukisan mural Presiden Jokowi di Kampung Joho, Solo, Jawa Tengah, Kamis (1/3/2018).

Joho adalah nama kampung di Kelurahan Manahan, Kecamatan Banjarsari. Mural dibuat dari tembok ke tembok bangunan rumah warga, tepatnya di gang masuk kampung.

Mural di Kampung Joho bermula dari Marjanto, yang membuat lukisan mural bergambar Jokowi yang saat itu masih menjabat sebagai Walikota Solo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X