Bertualang ke Alam Terbuka, Jangan Lupa Bawa 5 Benda Ini

Kompas.com - 23/06/2019, 19:01 WIB
Roy?s Peak merupakan trek yang populer dan salah satu tempat hiking terbaik di New Zealand bagi wisatawan yang berjiwa petualang. Dari lintasan puncak pegunungan pemandangan sebagian besar Danau Wanaka dan puncak pegunungan sekitarnya, termasuk Mount Aspiring bisa terlihat. Dok. New Zealand Tourism / Anggey AnggraeniRoy?s Peak merupakan trek yang populer dan salah satu tempat hiking terbaik di New Zealand bagi wisatawan yang berjiwa petualang. Dari lintasan puncak pegunungan pemandangan sebagian besar Danau Wanaka dan puncak pegunungan sekitarnya, termasuk Mount Aspiring bisa terlihat.


KOMPAS.com - Bagi seorang traveler, pengalaman di tempat baru merupakan sesuatu hal yang berharga untuk diri sendiri, maupun untuk diceritakan ke orang lain. Tak terkecuali bagi petualang alam belantara yang tidak bisa menggunakan peta digital seperti Google Maps karena lemah sinyal.

Jika Kamu adalah salah satu dari petualang tersebut, banyak yang harus diperhatikan sebelum terjun ke alam seperti peralatan dan perlengkapan. KompasTravel menghimpun 5 barang wajib bawa untuk para petualang alam belantara.

1. Perlengkapan Hujan

Bikin jas hujan lebih awetyoutube.com Bikin jas hujan lebih awet

Cuaca terkadang sangat tidak terduga. Suata saat mungkin cerah, kemudian tak lama mendadak berubah menjadi mendung, lalu turun hujan. Karena itu, perlengkapan hujan yang ringan dan mudah dibawa agar badan dan bawaanmu terlindungi dari deras hujan.

2. Senter Taktis

Ketika menjelejahi alam belantara yang gelap, senter taktis merupakan barang yang sangat dibutuhkan sebagai penerangan. Apalagi binatang buas juga kerap berkeliaran. Jika kurang waspada, tentu akan membahayakan keselamatan Kamu.

Tidak seperti senter biasa, senter taktis penggunaanya sangat fleksibel dan taktis. Senter ini juga bisa digunakan bersama peralatan berburu jika Kamu berencana berburu hewan liar yang biasa dimakan seperti landak atau burung.

3. Jam Tangan

Ilustrasi jam tangan pintar Apple iWatchPC Advisor Ilustrasi jam tangan pintar Apple iWatch

Jam tangan digunakan untuk menunjukan waktu ketika Kamu ingin melakukan sesuatu yang khusus seperti beribadah atau mengetahui jarak tempuh perjalanan. Jika jam tanganmu juga terdapat fitur kompas, sangat berguna sebagai penunjuk arah.

4. Peralatan Medis

Kotak P3K sebaiknya selalu tersedia di rumah dan kendaraan.Thinkstockphotos Kotak P3K sebaiknya selalu tersedia di rumah dan kendaraan.

Peralatan medis sangat berguna ketika Kamu mengalami kecelakaan kecil maupun besar. Peralatan medis juga berguna dalam keadaan darurat seperti ketika tergigit oleh bintang pengandung racun, sangat berguna untuk menetralisirnya.

Bawa peralatan medis dalam satu tas besar bersama peralatan lainnya. Kemas sebanyak mungkin persediaan medis seperti obat-obaran dan sejenisnya. Tapi, jangan lupa juga melihat daya tampung tasmu agar persediaan yang dibawa tidak berlebihan.

5. Pisau Serbaguna

Belati khas Yaman yang disebut jambiya. Para pengrajin besi di Yaman mulai menggunakan besi serpihan sisa rudal sebagai bahan baku.THE NEW ARAB / GETTY Belati khas Yaman yang disebut jambiya. Para pengrajin besi di Yaman mulai menggunakan besi serpihan sisa rudal sebagai bahan baku.

Alat satu ini sangat bermanfaat untuk menguliti, memotong, hingga menggergaji kayu tipis sebagai bahan bakar membuat api unggun. Pisau serbaguna juga berguna untuk memotong daging dan bahan bumbu. Meskipun memiliki banyak bilah dan ringan, pisau serba guna tidak memakan ruang yang besar di dalam ransel.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X