Kompas.com - 24/06/2019, 15:12 WIB
Cat warna-warni menyulap kampung kumuh di Kota Lubuk Linggau menjadi obyek wisata unik. KOMPAS/RHAMA PURNA JATICat warna-warni menyulap kampung kumuh di Kota Lubuk Linggau menjadi obyek wisata unik.

KOMPAS.com – Mengunjungi perkampungan unik bisa menjadi salah satu alternatif liburan. Indonesia memiliki cukup banyak perkampungan unik, baik yang unik karena kearifan lokalnya, juga unik karena kreativitas para warganya.

Salah satu kampung wisata unik bentuk dari kreatifitas masyarakat adalah hadirnya warna-warni di kampung yang akrab disebut dengan Kampung Pelangi.

Ada cukup banyak Kampung Pelangi di Indonesia yang menghadirkan warna-warni lukisan sehingga cocok didatangi oleh kamu utamanya yang gemar berswafoto. Berikut ini KompasTravel merangkum beberapa kampung pelangi yang ada di Indonesia:

1. Kampung Pelangi Jodipan

Lanskap perkampungan pinggir kali Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (15/7/2016).KOMPAS/DAHLIA IRAWATI Lanskap perkampungan pinggir kali Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (15/7/2016).
Kampung warna-warni merupakan sebuah kampung di Kelurahan Jodipan, Kota Malang. Kampung itu berdiri tepat di bantaran Sungai Brantas.

Kampung ini bermula dari mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tengah menjalani praktikum di PT Inti Daya Guna Aneka Warna (Indana), sebuah perusahaan cat di Malang, mengubah kampung yang awalnya kumuh itu menjadi warna-warni.

Tidak lama setelahnya, sebuah kampung di seberangnya, yakni kampung di Kelurahan Kesatrian juga membangun inovasi yang sama. Kampung itu mengangkat tema Kampung Tridi. Sejumlah lukisan tiga dimensi tampak menghiasi dinding rumah warga untuk menyambut wisatawan yang datang.

Sembari berfoto-foto di Kampung Jodipan, pengunjung juga bisa menjajal melewati jembatan kaca yang dibangun untuk menghubungkan kedua kampung dan membentang di atas Sungai Brantas.

Jembatan itu dibangun dengan model jembatan gantung. Berwarna kuning emas dengan panjang 25 meter dan lebar 1,25 meter pada ketinggian 9,5 meter. Jembatan ini bahkan disebut-sebut mirip dengan jembatan kaca di Zhangjiajie, China

2. Kampung Pelangi Semarang

Kampung Pelangi Semarang.KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Kampung Pelangi Semarang.

Kampung Pelangi Semarang awalnya juga merupakan sebuah kampung yang dulunya kumuh. Namun kemudian, kampung ini diubah menjadi kampung yang cantik dengan ragam lukisan yang berwarna-warni.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.