Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Dukono Erupsi, Wings Air Batalkan Penerbangan Morotai-Ternate

Kompas.com - 25/06/2019, 16:10 WIB
Sherly Puspita,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerbangan Wings Air dari Ternate ke Morotai dengan nomor IW-1172 rute dan penerbangan rute Morotai ke Ternate bernomor IW-1171 dibatalkan.

Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan, hal ini berkenaan dengan operasional Bandar Udara Leo Wattimena, Morotai, Maluku Utara yang ditutup mulai 24 Juni 2019 pukul 08.55 WIT hingga 26 Juni 2019 pukul 09.00 WIT, hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Hal itu disampaikan berdasarkan pengumuman resmi dari otoritas bandar udara (notam) nomor C5388-19 NOTAMR C5387-19.

"Keputusan tersebut dalam upaya memastikan keselamatan dan keamanan (safety first), dampak erupsi dan aktivitas Gunung Dukono (Dukono Volcanic Ash), di Desa Mamuya, Kecamatan Galela, Halmahera Utara bagian Utara, Maluku Utara. Material abu vulkanik dapat merusak pesawat, sehingga membahayakan penerbangan," papar Danang.

Ia mengatakan, mengenai pembatalan penerbangan ini Wings Air telah menginformasikan kepada seluruh pelanggan yang terganggu perjalanannya dan akan memperbarui sesuai perkembangan terkini. 

Sehubungan pembatalan penerbangan hari ini, Wings Air memberikan solusi kepada seluruh pelanggan yang terganggu perjalanannya, antara lain penjadwalan ulang keberangkatan di hari berikutnya dan melakukan pengembalian dana menurut aturan yang berlaku.

"Kondisi terganggunya operasional dari akibat gunung meletus termasuk force majeure yaitu keadaan yang terjadi di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan," lanjut Danang.

Wings Air bekerja sama dan berkoordinasi dengan otoritas penerbangan, pengelola bandar udara dan pengatur lalu lintas udara setempat. Operasional Wings Air akan menyesuaikan keputusan otoritas bandar udara dan airport dinyatakan aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com