Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tempat Wisata Berhawa Dingin di Karanganyar Solo, Cocok untuk Hilangkan Penat

Kompas.com - 25/06/2019, 18:07 WIB
Nur Rohmi Aida,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Karanganyar merupakan salah satu kawasan dekat Kota Solo yang terkenal memiliki suhu dingin. Lokasinya yang berada di ketinggian dan berada di lereng Gunung Lawu cocok dikunjungi saat ingin mendinginkan pikiran.

Tak hanya suhu dingin, melainkan pemandangan di sekitar Karanganyar juga sangat elok dan asri.

Nah, jika kamu berencana menjadikan Karanganyar sebagai pilihan wisata di dekat Kota Solo, berikut beberapa tempat wisata Karangayar yang cukup asyik untuk dikunjungi.

1. Serunya Berkeliling Candi Cetho

Candi Cetho, Karanganyar, Jawa TengahKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Candi Cetho, Karanganyar, Jawa Tengah
Berlokasi di Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Candi ini merupakan peninggalan era Kerajaan Majapahit dan bercorak Hindu.

Berada di ketinggian sekitar 1.496 meter di atas permukaan laut otomatis membuat tempat ini sejuk.

Selain bersejarah, candi ini cukup unik. Menjadikan Candi Cetho sebagai pilihan wisata Karanganyar adalah pilihan yang tepat.

Saat kemari, kamu wajib memakai kain kampuh bercorak hitam putih yang diikatkankan di pinggang.

Bentuk-bentuk candi di Komplek ini juga menarik. Nilai artistic dari bangunannya, dipadu dengan alam di sekitarnya, membuat Candi Cetho sangat instagramable dijadikan sebagai lokasi berfoto

2. Menikmati Kesejukan Kebun Teh Kemuning

Kebun teh Kemuning di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (26/2/2019).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Kebun teh Kemuning di Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (26/2/2019).
Hijau perkebunan teh yang membentang luas membuat lokasi ini terasa sangat menyejukkan. Udaranya yang sejuk membuat wisatawan yang datang tidak mudah bosan.

Lokasi kebun teh ini berada sebelum Candi Cetho. Sehingga sebelum kemari, kamu bisa mampir untuk berfoto-foto.

Selain perkebunan teh yang luas, di sekitar tempat ini terdapat beberapa wahana seperti arena untuk river tubing, outbound, serta beberapa kedai teh yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati teh kemuning.

Kebun Teh Kemuning berada di Ngargoyoso Karanganyar.

3. Sambangi Segarnya Air Terjun Jumog

Wisatawan sedang menikmati suasana Air Terjun Jumog, KaranganyarKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Wisatawan sedang menikmati suasana Air Terjun Jumog, Karanganyar
Masih di Ngargoyoso, wisata Karanganyar satu ini tepatnya di Desa Berjo, terdapat air terjun yang sangat menyejukkan. Air terjun tersebut adalah Air Terjun Jumog.

Air terjun ini memadukan kealamian air terjun yang cukup deras, alam yang asri serta spot buatan seperti kolam renang. Di tempat ini terdapat pula beberapa penjual sate kelinci yang bisa Kamu jadikan pilihan kuliner khas.

Jika ingin mendapatkan foto yang instagramable, maka ambilah gambar dengan background jembatan kayu dan air terjun yang terlihat cantik dari kejauhan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com