Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ke Palangkaraya, Yuk Kunjungi Wisata Alam Taman Nasional Sebangau

Kompas.com - 26/06/2019, 09:49 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Pulau Kalimantan dikenal memiliki banyak destinasi wisata alam yang menjadi tempat hidup beragam jenis flora dan fauna langka. Salah satunya Taman Nasional Sebangau.

Secara administratif, destinasi wisata ini terletak di Palangkaraya, Kabupaten Katingan, dan Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng)

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng, Guntur Talajan mengatakan, Taman Nasional Sebangau memiliki luas sekitar 568.700 hektar (ha). Di sini ada dari ratusan jenis flora dan juga fauna.

“Di Palangkaraya, wisatawan bisa menjumpai danau dengan air yang berwarna hitam. Lokasinya dikelilingi rasau atau tanaman sejenis pandan yang biasa tumbuh tegak di tepian sungai atau danau di kawasan rawa gambut,” ujarnya di Palangkaraya Senin (24/6/2019).

Baca jugaMengenal Tugu Soekarno, Obyek Wisata yang Dikunjungi Jokowi di Palangkaraya

Selain itu, kata dia, di atas hitamnya warna danau sebangau, wisatawan juga dapat melakukan beragam aktivitas menarik seperti menelusuri danau atau memancing dengan perahu.

"Danau ini dihuni berbagai jenis ikan, antara lain kerandang, toman, dan gabus," papar Guntur.

Lalu destinasi wisata ini turut pula memiliki beragam spot foto yang instagramable lewat suasana alamnya yang masih terjaga keasriannya.

Bahkan jika beruntung, wisatawan akan melihat monyet ekor panjang atau bekantang bergelantungan di pepohonan.

Festival Budaya Isen Mulang

Perlu diketahui, Kota Palangkaraya kini tengah serius mengembangkan sektor pariwisatanya.

Terbukti, baru-baru ini Ibu kota Kalteng ini sukses menggelar Festival Budaya Isen Mulang 2019 yang rampung digelar pada (17-22) Juni lalu.

Dalam bahasa lokal, Isen Mulang berarti tidak pernah mundur. Ini merupakan moto Palangka Raya yang menggambarkan keberanian masyarakat setempat,

Event pariwisata yang menyajikan keanekaragaman budaya masyarakat Suku Dayak tersebut ternyata berhasil menarik minat wisatawan. 

Baca jugaIsen Mulang, Semangat Hidup Suku Dayak

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng mencatat total ada 127.000 wisatawan dengan 41 orang wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke event tersebut.

Jumlah itu jauh lebih banyak dibanding tahun festival serupa di tahun 2018 yang hanya tembus di angka 20.000 pengunjung, dengan 30 orang diantaranya murupakan wisatawan asing.

“Suksesnya Festival Budaya Isen Mulang 2019  tak lepas dari salah satu kearifan lokal masyarakat Dayak Kalteng, yaitu ritual budaya minta tidak hujan saat acara berlangsung,” ungkap Guntur Talajan.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com