Udara Sedang Dingin, Ini 5 Perlengkapan yang Harus Dibawa saat Mendaki

Kompas.com - 26/06/2019, 17:10 WIB
Ilustrasi Pendaki Gunung.Shutterstock Ilustrasi Pendaki Gunung.

KOMPAS.com – Belakangan ini suhu udara di beberapa tempat seperti Dataran Tinggi Dieng sedang dingin-dinginnya. Temperatur bahkan tercatat di bawah 0 derajat Celcius, sehingga menyebabkan munculnya es.

Meski merupakan fenomena alam yang menarik, dinginnnya udara menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi oleh para pendaki gunung. Udara dingin bisa menyebabkan hipotermia, sehingga cukup membahayakan.

Baca juga: Belum Pernah Naik Gunung? Cobalah Mendaki Gunung Sepikul di Sukoharjo

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi udara yang sedang dingin-dinginnya, pendaki harus membawa perlegkapan standar saat melakukan pendakian. Berikut ini 5 perlengkapan yang harus dibawa saat mendaki gunung:

1. Jaket gunung berkualitas

Jaket menjadi perlengkapan yang wajib dibawa. Namun, jaket naik gunung berbeda dengan jaket yang dikenakan sehari-hari. Hal itu karena tentu saja udara di gunung jauh lebih dingin dari suhu di sekitar tempat tinggal sehari-hari.

Ilustrasi Jaket Gunung.Shutterstock Ilustrasi Jaket Gunung.

Oleh karena itu, jaket yang dikenakan hendaknya memiliki bahan windproof atau waterproof. Hal itu guna melindungi tubuh dari terpaan angin gunung yang dingin dan terkadang membawa kabut. Selain itu, pilih jaket yang memiliki penutup kepala.

2 Sarung tangan

Bagian tubuh yang biasanya terekspos oleh udara atau angin dingin saat mendaki gunung adalah tangan. Untuk melindunginya, maka hendaknya juga bawa dan kenakan sarung tangan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X