Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Diikuti WNA, Turnamen Golf di Batam Berhasil Tarik Minat Wisman

Kompas.com - 27/06/2019, 14:30 WIB
Alek Kurniawan,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


KOMPAS.com
Batam kembali menjadi tuan rumah dalam pertandingan golf internasional yang bertajuk “SSG - Tering Bay International Amateur Championship 2019”. Acara yang berlokasi di Tering Bay Golf & Country Club, Batam ini akan berlangsung pada 30 Juni hingga 3 Juni 2019.

Sales and Marketing Manager Tering Bay Golf & Country Club Dian Ariati mengatakan, sejauh ini peserta yang sudah mendaftarkan ke pihak Tering Bay hampir mencapai 120 orang.

Dari jumlah tersebut, 80 persen di antaranya berasal dari Singapura dan warga negara lain yang berdomisili di sana, seperti Jerman, Perancis, Amerika, Selandia Baru, Australia, Thailand, Hongkong, Korea, dan Malaysia.

Sedangkan, peserta dari Indonesia yang terdaftar 15 orang dan keseluruhannya berasal dari Batam. Asal tahu saja, sebagian besar dari mereka adalah atlet binaan Persatuan Golf Indonesia (PGI) Batam. 

Baca jugaKenalkan Ini 6 Lapangan Golf Bertaraf Internasional di Batam

“SSG - Tering Bay International Amateur Championship 2019 merupakan turnamen golf amatir bagi pegolf yang memiliki handicap di bawah 12 untuk kategori Men Division serta handicap di bawah 20 untuk kategori Men Senior dan Ladies,” ungkapnya.

Dian menjelaskan, ada beberapa trofi yang akan diperebutkan oleh para peserta, yakni Champions , 1st Runner Up, 2nd Runner Up, 3rd Runner Up untuk Men Division dan khusus untuk kategori  Ladies serta Men Senior akan memperebutkan masing-masing gelar Champion dan Runner Up.

“Acara bertaraf international ini sudah tiga kali dilaksanakan di Tering Bay sejak 2015. Selain kepercayaan dari pihak Society of Singapore Golfers (SSG), ini juga merupakan wujud keikutsertaan Tering Bay dalam membantu program Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mendatangkan wisatawan ke Batam melalui sport tourism,” lanjutnya.

Memajukan perekonomian Batam

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata mengatakan, turnamen ini akan mulai dilaksanakan pada Minggu (30/6/2019).

Peserta yang sebagian besar berasal dari Singapura akan datang ke Batam menggunakan ferry dari Tanah Merah (Singapura) sekitar pukul 08.00 WIB.

“Sesampainya di lokasi, mereka akan melakuakn practice round dan dilanjutkan makan siang serta check in di Batam View Beach Resort,” urainya. 

Pada Senin pagi, para peserta harus sudah sampai di Tering Bay untuk melaksanakan turnamen hari pertama.

Baca jugaKemenpar Promosikan Wisata Golf di Pameran Golf Terbesar Singapura

Turnamen akan dimulai berdasarkan tee time pertama pada pukul 06.15 WIB sampai selesai.

Sebagai informasi, turnamen ini akan menentukan pemenang melalui perhitungan gabungan score  hari pertama, kedua, dan ketiga.

“Pemenang akan diumumkan pada saat acara Prize Presentation, Rabu (3/7/2019),” tambah Ardiwinata.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rizki Handayani mengatakan, kegiatan tersebut akan meningkatkan awareness Batam sebagai salah satu surga golf di Indonesia. Sebab, daerah ini memiliki enam lapangan golf bertaraf international.

Baca jugaDatangkan Wisman, Kemenpar Dukung Batam Gelar Turnamen Golf

“Keenam lapangan golf tersebut adalah Tering Bay Golf & Country Club, Palm Springs Golf & Country Club, Southlinks Country Club, Indah Puri Golf Resort, Padang Golf Sukajadi, dan Batam Hills Golf Resort,” bebernya.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun menyatakan, iklim investasi di Batam akan terus stabil dengan kembali masuknya para investor di sektor pariwisata. Dengan begini, perekonomian di Batam diharapkan akan terus meningkat.

“Golf mempunyai pasar tersendiri. Ini semakin melengkapi keberadaan sport tourism yang selama ini sudah membuat pariwisata Kepulauan Riau (Kepri) bergeliat. Selain itu sport tourism juga menjadi penyumbang wisatawan mancanegara (wisman) cukup banyak. Ini akan terus kami dukung,” pungkas Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com