Suhu Ekstrem di Gunung Lawu, Ini Alternatif Wisata Selain Mendaki

Kompas.com - 27/06/2019, 19:09 WIB
Gunung Lawu dilihat dari Bukit Mongkrang Karanganyar. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaGunung Lawu dilihat dari Bukit Mongkrang Karanganyar.

KOMPAS.com – Bromo, Semeru, serta Dieng dilaporkan sedang mengalami cuaca ekstrem. Senada dengan ke tiga tempat tersebut, suhu di Puncak Gunung Lawu dilaporkan juga mencapai minus 3 derajat. Bahkan akibat cuaca ekstrem di puncak Gunung Lawu, satu pendaki dilaporkan pingsan.

Tono, salah satu pengelola pendakian ke puncak Gunung Lawu melalui jalur Singo Langu, mengatakan, “Ada yang menginformasikan, suhu di puncak mencapai minus 3 derajat celsius. Di sini (Singo Langu) kemarin suhunya 9 derajat celcius,” ujarnya di pos pendakian Singo Langu Senin (24/6/2019). 

Meskipun jalur pendakian Lawu masih dibuka, tetapi untuk kamu yang tidak berani mendaki lantaran khawatir suhu yang sedang rendah, berikut KompasTravel memberikan beberapa alternatif wisata dekat lawu yang bisa Kamu datangi tanpa harus mendaki:

1. Kulineran di sekitar Cemoro Kandang maupun Cemoro Sewu

Tanpa mendaki, kamu bisa kulineran di sekitar Basecamp Gunung Lawu Cemoro Sewu maupun Cemoro Kandang. Di tepian jalan, banyak dijumpai warung makan yang bisa kamu gunakan untuk pilihan kuliner.

Pun, mencicip cilok maupun semangkuk bakso hangat bisa pula kamu lakukan untuk melawan hawa dingin yang berhembus.

2. Naik kapal cepat di Telaga Sarangan

Jelang bulan Ramadhan ribuan warga Magetan memadati telaga Sarangan  menikmati libur akhir pkan sebelum melaksanakan ibadah puasa.KOMPAS.com/SUKOCO Jelang bulan Ramadhan ribuan warga Magetan memadati telaga Sarangan menikmati libur akhir pkan sebelum melaksanakan ibadah puasa.

Kalau kamu pengen menikmati waktu di tepian telaga, maka Kamu bisa menjajal datang ke Telaga Sarangan.

Di Telaga ini selain hawa sejuk yang berhembus, pemandangan di sekitar tempat ini juga menarik. Pun ragam aktivitas bisa kamu lakukan, salah satunya adalah naik kapal cepat untuk keliling telaga.

3. Mampir ke Telaga Wahyu

Telaga Wahyu, alternatif tempat wisata di timur Gunung Lawu selain Sarangan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Telaga Wahyu, alternatif tempat wisata di timur Gunung Lawu selain Sarangan.
Selain Sarangan, terdapat pula Telaga Wahyu yang lokasinya tak jauh dari Telaga Sarangan.

Telaga Wahyu memang tidak seluas Telaga Sarangan. Luas Telaga Wahyu sekitar 10 hektar dengan kedalaman kurang-lebih 16 meter.

Meski demikian, telaga ini tidak kalah indah dengan Sarangan. Terletak di lereng Gunung Lawu, udara di Telaga Wahyu begitu sejuk.

Selain itu, kunjungan di telaga ini juga masih belum ramai seperti Sarangan sehingga suasanaya cukup tenang.

Berada di tempat ini wisatawan bisa berkeliling telaga sembari naik bebek kayuh.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X