Kiat Memilih dan Mengolah Daging dengan Tepat

Kompas.com - 28/06/2019, 08:01 WIB
Ilustrasi daging sapiKOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Ilustrasi daging sapi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih daging dengan tepat adalah langka awal untuk mengolah masakan yang lezat. Itulah yang disampaikan oleh F&B Coordination and Executive Chef dari Mercure Convention Centre Ancol, Nur Rahmat di acara Accor Culinary Journey, Rabu (25/6/2019).

"Pada saat membeli daging harus benar benar segar. Cara memilihnya adalah dengan dilihat, dipegang, dan dicium," kata Nur Rahmat.

Pertama adalah dengan dilihat daging memiliki warna cerah tidak pucat atau kehitaman, kemudian saat dipegang daging tidak berlendir.

Baca juga: Tips Menyimpan Daging agar Tetap Awet

Jika berlendir, menurut Nur Rahmat, daging sudah masuk tahap kontaminasi. Terakhir jika dicium atau dibaui daging segar tidak berbau busuk atau menyengat.

Usai membeli daging dapat langsung menyimpan di chiller atau lemari pendingin. Saat daging ingin dimasak, Nur Rahmat punya tips tersendiri.

"Daging beku jangan direndam air, karena kalau daging beku direndam air maka akan terkena kontaminasi bakteri dari air itu. Sebaiknya ditaruh di suhu ruangan agar cair sendiri," jelas Nur Rahmat.

Jika pada akhirnya harus mencuci daging pastikan untuk langsung memasak daging tersebut sampai habis, tidak menyimpan kembali ke lemari pendingin.

Jadi cara terbaik membeli daging adalah dalam jumlah sesuai kebutuhan harian dan langsung memasak saat daging dalam kondisi segar.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X