Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kiat Memilih dan Mengolah Daging dengan Tepat

Kompas.com - 28/06/2019, 08:01 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih daging dengan tepat adalah langka awal untuk mengolah masakan yang lezat. Itulah yang disampaikan oleh F&B Coordination and Executive Chef dari Mercure Convention Centre Ancol, Nur Rahmat di acara Accor Culinary Journey, Rabu (25/6/2019).

"Pada saat membeli daging harus benar benar segar. Cara memilihnya adalah dengan dilihat, dipegang, dan dicium," kata Nur Rahmat.

Pertama adalah dengan dilihat daging memiliki warna cerah tidak pucat atau kehitaman, kemudian saat dipegang daging tidak berlendir.

Baca juga: Tips Menyimpan Daging agar Tetap Awet

Jika berlendir, menurut Nur Rahmat, daging sudah masuk tahap kontaminasi. Terakhir jika dicium atau dibaui daging segar tidak berbau busuk atau menyengat.

Usai membeli daging dapat langsung menyimpan di chiller atau lemari pendingin. Saat daging ingin dimasak, Nur Rahmat punya tips tersendiri.

"Daging beku jangan direndam air, karena kalau daging beku direndam air maka akan terkena kontaminasi bakteri dari air itu. Sebaiknya ditaruh di suhu ruangan agar cair sendiri," jelas Nur Rahmat.

Jika pada akhirnya harus mencuci daging pastikan untuk langsung memasak daging tersebut sampai habis, tidak menyimpan kembali ke lemari pendingin.

Jadi cara terbaik membeli daging adalah dalam jumlah sesuai kebutuhan harian dan langsung memasak saat daging dalam kondisi segar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com