6 Aktivitas di Dogo Onsen Jepang Selain Berendam Air Panas

Kompas.com - 29/06/2019, 12:10 WIB
Bangunan luar Dogo Onsen di Kota Matsuyama, Prefektur Ehime, Jepang. dogo.jpBangunan luar Dogo Onsen di Kota Matsuyama, Prefektur Ehime, Jepang.

KOMPAS.com - Berlibur di Kota Matsuyama, Prefektur Ehime, salah satu hal menarik yang bisa kamu lakukan adalah berkunjung ke Dogo Onsen.

Daya tarik utama Dogo Onsen adalah Honkan, pusat pemandian umum dari kayu yang sudah beroperasi sejak 1894 dan kini tetap terjaga dengan baik.

Pemandian Dogo Onsen merupakan tempat yang menginspirasi pembuatan anime Spirited Away karya Miyazaki yang sempat sangat populer.

Meski populer dengan onsen atau mata air panasnya yang menarik Dogo Onsen sebenarnya tak hanya tentang itu.

Nah, jika kamu berkesempatan datang ke Dogo Onsen, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat berada di sana selain berendam dalam air panas.

1. Datang Ke Stasiun Dogo Onsen

Stasiun Dogo Onsen merupakan stasiun bersejarah. Stasiun ini dibangun pada tahun 1895 dan hingga kini bentuknya masih terlihat klasik.

Stasiun Dogo Onsen merupakan representasi dari arsitektur jaman kekaisaran Meiji. Hingga kini, Stasiun Dogo Onsen masih berfungsi dengan tiga jalur trem.

2. Melihat Jam Botchan Karakuri

Jam Botchanhttps://jpninfo.com/ Jam Botchan
Di dekat Stasiun Dogo Onsen terdapat sebuah jam yang disebut dengan Jam Botchan Karakuri yaitu jam raksasa yang setiap 30-60 menit sekali berdentang dari sejak pukul 08.00-22.00.

Melihat jam ini, kamu juga bisa menyaksikan atraksi menarik dari jam raksasa ini. Atraksi unik Jam Botchan merupakan karakter yang dihidupkan dari novel Botchan yang merupakan salah satu novel terkenal di Jepang.

Di samping Jam Botchan juga terdapat kolam air hangat yang bisa dimanfaatkan secara gratis untuk merendam kaki pukul 06.00 – 23.00.

Baca juga: Dogo Onsen, Permandian Air Panas Tertua dan Terpopuler di Jepang

3. Naik Kereta Botchan

Botchan Trainhttp://ikidane-nippon.com Botchan Train
Masih tentang Botchan, kamu bisa menaiki Kereta Botchan sambil menikmati pemandangan mengambil model kereta uap yang dinaiki karakter Botchan.

Kereta ini berangkat dari Stasiun Dogo Onsen dan menuju ke Stasiun Matsuyama atau Stasiun Komachi dengan tarif 800 yen untuk sekali jalan, yang jauh lebih mahal dari tarif trem normal yang hanya sebesar 160 yen.

4. Cari Oleh-oleh di Dogo Haikara-dori

Dogo Haikara-doriikidane-nippon.com Dogo Haikara-dori
Jika kamu ingin berbelanja di Dogo Onsen, datang ke Dogo Haikara-dori adalah pilihan terbaik. Tempat ini adalah lokasi belanja yang memanjang hingga Stasiun Dogo Onsen.

Di sepanjang jalan terdapat banyak toko yang bisa kamu jadikan tempat untuk membeli oleh-oleh.

Di sini kamu bisa membeli jeruk yang merupakan komoditas utama di Matsuyama. Jeruk-jeruk tersebut diolah menjadi beragam penganan seperti manisan, sirup, selai dan kue.

Kamu juga bisa mencicip Ichiroku Tart yang merupakan kue bolu lembut yang digulung dengan isi pasta kacang manis dan yuzu.

5. Naik Becak Khas Jepang

Becak Jepang atau Jinrikishahttps://en.activityjapan.com Becak Jepang atau Jinrikisha
Aktivitas lain yang bisa kamu coba adalah naik Jinrikisha alias becak khas Jepang yang mangkal di depan Dogo Onsen.

Bedanya dengan becak di Indonesia, Jinrikisha ditarik oleh pengemudi yang berada di depan. Biayanya, 1.500 yen (sekitar Rp 190.000) per orang untuk berkeliling selama 10 menit.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X