Mengenal Tofuku-ji, Kuil Bersejarah yang Dikunjungi Iriana Jokowi

Kompas.com - 29/06/2019, 16:11 WIB
Kuil Tofuku-ji terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan dedaunan di musim gugur di Kyoto, Osaka, Jepang. SHUTTERSTOCK/THONG CHAIKuil Tofuku-ji terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan dedaunan di musim gugur di Kyoto, Osaka, Jepang.

KOMPAS.com - Di tengah aktivitasnya mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Jepang, Ibu Negara Iriana mengikuti beragam kegiatan bersama para Ibu Negara Anggota G20 lainnya.

Pada Jumat (28/6/2019), istri Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Akie Abe, mengajak para ibu negara mengunjungi Kuil Tofuku-Ji yang terletak di Kyoto, Osaka, Jepang.

Dilansir dari situs Kyoto.travel.en, Kuil Tofuku-ji merupakan kuil kepala cabang Kuil Rinzai Zen dari Kuil Tofuku-ji dan nomor tiga dari Lima Gunung Rinzai Zen di Kyoto. Adapun nama gunung Kuil Tofuku-ji adalah "Enichi-zan".

Kuil Tofuku-ji terkenal sebagai salah satu tempat terbaikuntuk menyaksikan dedaunan musim gugur Kyoto yang indah. Pohon maple di samping Jembatan Tsuten di kuil adalah pusatnya.

Kuil Tofuku-ji juga terkenal karena banyak lanskap taman yang tertata apik dengan perpaduan lumut dan batu.

"Di antara arsitektur Buddha yang luar biasa dengan alasan adalah Sanmon (gerbang) setinggi dua puluh dua meter, dibangun pada 1425, gerbang utama Zen tertua di Jepang," isi informasi dalam situs tersebut.

Di tengah aktivitasnya mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Jepang, Ibu Negara Iriana mengikuti beragam kegiatan bersama para Ibu Negara Anggota G20 lainnya, Jumat (28/6/2019).Dokumentasi Sekretariat Presiden Di tengah aktivitasnya mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Jepang, Ibu Negara Iriana mengikuti beragam kegiatan bersama para Ibu Negara Anggota G20 lainnya, Jumat (28/6/2019).

Tak hanya kuil, di sini juga terdapat rumah pemandian yokushitsu, sebelah barat Sanmon yang dibangun dengan gaya klasik dan ditetapkan sebagai Properti Budaya Penting oleh pemerintah Jepang.

Kuil ini didirikan pada 1236 oleh pendeta Enni Ben'en. Sepanjang sejarahnya, kuil ini menjadi salah satu kuil Kyoto Zen terbesar dan terpenting dan memunculkan banyak biksu terkenal.

Sang pendiri ingin membangun kuil di Kyoto yang sebanding dengan kuil-kuil besar di Nara seperti Kuil Todai-ji dan Kuil Kofuku-ji.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X