Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Pariwisata, Pangkal Pinang Siapkan 12 Agenda Tiap Tahun

Kompas.com - 01/07/2019, 10:31 WIB
Heru Dahnur ,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Sektor usaha perdagangan dan jasa bakal menjadi andalan Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung dalam mendongkrak perekonomian masyarakat.

Salah satu instrumennya dengan mengadakan kegiatan berskala nasional minimal sekali dalam sebulan atau 12 kali setiap tahun.

"Wilayah Pangkal Pinang sudah jelas tak bisa lagi mengandalkan tambang. Ada aturannya. Jadi kami mulai 2020 agendanya 12 event nasional setiap tahun," kata Wali Kota Pangkal Pinang, Maulan Aklil kepada Kompas.com, Jumat (28/6/2019).

Dia menuturkan, keinginan menjadi tuan rumah acara berskala nasional didukung potensi alam dan posisi Pangkal Pinang, sebagai ibu kota provinsi.

Saat ini yang telah dimulai lomba balap motor Grass Track di Pantai Pasir Padi. Acara yang diikuti bikers lokal maupun nasional itu dinilai sukses meningkatkan kunjungan wisatawan.

Grass Track di Pantai Pasir Padi diklaim sebagai satu-satunya lintasan balapan yang dibuat langsung di garis pantai.

"Dalam waktu bersamaan hunian hotel meningkat, serta adanya transaksi belanja kuliner maupun produk khas daerah," ujar dia.

Menurut Maulan, pemkot saat ini masih melakukan sejumlah pembenahan dan memantapkan program kerja lima tahunan. Selaku kepala daerah yang baru tujuh bulan menjabat, Maulan mengaku harus mematangkan konsep terlebih dahulu.

"Kami himpun juga dari masyarakat dan saya lihat kondisi di lapangan. Pangkal Pinang ini akan ditata lagi. Usaha jasa perdagangan, dan pariwisata ini harus," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com