Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja 6 Festival di NTT pada Juli 2019?

Kompas.com - 02/07/2019, 10:32 WIB
I Made Asdhiana

Editor

KUPANG, KOMPAS.com - Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Wayan Darmawa mengemukakan pemerintah setempat akan menggelar sebanyak enam festival pada Juli 2019.

"Ada enam festival yang akan digelar pada Juli ini, di antaranya menyebar di Pulau Flores, Pulau Sumba, dan Pulau Alor," kata Wayan di Kupang, Senin (1/7/2019)

Berikut 6 festival di NTT pada Juli 2019:

1. Festival Inerie di Kabupaten Ngada pada 2-10 Juli.

2. Festival Etu di Kabupaten Nagekeo pada 10-15 Juli.

3. Festival Caci di Kabupaten Manggarai pada 16-17 Juli.

4. Festival Florata di Kabupaten Manggarai Barat pada 29 Juli-2 Agustus.

5. Festival Tenun Ikat yang digabungkan dengan Parade Kuda Sandelwood di Kabupaten Sumba Timur pada 12-13 Juli.

6. Festival Memanggil Ikan Dugong di Kabupaten Alor, Pulau Alor.

Presiden Joko Widodo menghadiri Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017 di Tambolaka, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/7/2017). NTT juga akan menggelar perhelatan internasional bertajuk Tour de Flores pada 14-20 Juli 2017. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya dan Bupati Sumba Barat Daya Markus Dairo Talu.RAIYANI MUHARAMAH Presiden Joko Widodo menghadiri Parade 1001 Kuda Sandelwood dan Festival Tenun Ikat Sumba 2017 di Tambolaka, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, Rabu (12/7/2017). NTT juga akan menggelar perhelatan internasional bertajuk Tour de Flores pada 14-20 Juli 2017. Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya dan Bupati Sumba Barat Daya Markus Dairo Talu.
Ia menjelaskan selain festival akan digelar sejumlah kegiatan penting mendukung pariwisata seperti Tinju The Border Battle di Kota Kupang 5-7 Juli dan Labajo Ring Of Beauty di Manggarai Barat untuk mendukung pelaksanaan tinju internasional Piala Presiden di daerah setempat.

Baca juga: Kagum dengan Tenun Khas NTT, Dosen Asal Australia Belajar Menenun

Wayan menjelaskan, ke-6 festival itu dilaksanakan dengan tema beragam dan diinisiasi bersama pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota dan swasta.

Menurut dia, pelaksanaan sejumlah kegiatan besar ini merupakan modal penting dalam pemasaran destinasi wisata NTT sebagai provinsi dengan destinasi kelas dunia terbanyak di Indonesia.

Baca juga: Mengenal Watu Krus, Jejak Pertama Bangsa Portugis di Sikka Flores

"Durasi waktu festival yang lebih panjang juga akan membuka peluang peningkatan kunjungan wisatawan. Selain itu jumlah destinasi yang lebih banyak bisa memicu lama tinggal wisatawan," katanya.

Para penunggang kuda, saat melakukan atraksi dalam kegiatan Parade Kuda Sandalwood di Kota Waikabubak, Sumba Barat, Sabtu (7/7/2018).KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BERE Para penunggang kuda, saat melakukan atraksi dalam kegiatan Parade Kuda Sandalwood di Kota Waikabubak, Sumba Barat, Sabtu (7/7/2018).
Wayan menjelaskan, pelaksanaan festival yang meningkat pada 2019 sebagai bagian dari respon terhadap promosi wisata sekaligus menunjukkan aksi saling mendukung dari berbagai pihak.

"Karena untuk lebih efektif mendatangkan wisatawan maka jumlah event penting disertai peningkatan kualitas pelaksanaannya sehingga mampu mencapai standar lebih tinggi," tambah Wayan Darmawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com