12 Rekomendasi Kuliner Semarang dari Warga Lokal

Kompas.com - 02/07/2019, 14:07 WIB
Warung makan Kepala Manyung Selera bu Fat yang tersohor di Semarang, Kamis, (19/7/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Warung makan Kepala Manyung Selera bu Fat yang tersohor di Semarang, Kamis, (19/7/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisata kuliner akan selalu menyenangkan untuk dijalani, terlebih jika tahu berbagai rumah makan atau restoran yang juga menjadi favorit warga lokal.

Di Semarang ada banyak kuliner lezat yang menarik untuk dijelajah. KompasTravel bertanya kepada warga asli Semarang yang juga seorang dosen di sebuah universitas daerah Kota Semarang, Swieta. Berikut rekomendasi makanan di daerah Semarang:

1. Gulai Ikan Pak Untung

Rumah makan ini terkenal dengan gulai kepala ikan kakap, nila, salmon dan aneka sayuran yang dimasak kuning. Salah satu andalan warga Semarang untuk bersantap boga bahari. Jalan Singosari Raya dan Jalan Imam Bonjol.

2.Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok

Nasi goreng babat salah satu makanan wajib yang dicoba saat ke Semaramg. Cita rasanya terbilang berbeda dengan nasi goreng biasa, dengan bumbu yang terbilang medok dan babat yang sangat nikmat disantap. Nasi goreng ini berlokasi di Jalan Pemuda.

3. Nasi Pecel Bu Sumo

Andalan warga Semarang untuk sarapan. Selain pecel ada berbagai toping gorengan aneka jeroan. Nasi pecel Bu Sumo berlokasi di Jalan Kyai Saleh Nomor 10.

4. Nasi Ayam Mbak Tum

Warung makan ini bisa jadi pilihan untuk kuliner malam di Yogyakarta. Sebab buka dari sore sampai pagi dini hari. Di warung makan ini terdapat banyak pilihan jenis makanan seperti nasi gudeng, nasi opor, lontor opor, dengan berbagai lauk pilihan. Alamat Nasi Ayam Mbak Tum di Wonodri dan Jalan Brigjen Sudiarto.

5. Soto Semarang Pak Man

Jangan lewatkan soto khas Semarang saat berkunjung ke kota ini. Soto semarang terkenal dengan kuah bening dengan rasa rempah yang disiram perasan jeruk nipis. Ada berbagai lauk pilihan untuk menemani menyantap soto khas semarang. Salah satu yang ternama adalah Soto Ayam Pak Man di Jalan Pamularsih, dengan dua cabang lain di Jalan Veteran dan Jalan Perintis Kemerdekaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X