Berburu Embun Es di Dieng, Jangan Lupa Jajal Hangatnya Mi Ongklok

Kompas.com - 02/07/2019, 15:08 WIB
Embun Beku merata di padang rumput Kompas.com/Nur Rohmi AidaEmbun Beku merata di padang rumput

KOMPAS.com – Mi ongklok merupakan salah satu kuliner khas yang bisa dinikmati wisatawan kala berburu embun es di Dieng. Salah satu tempat untuk menikmati lezatnya mi ongklok adalah di Warung Mi Ongklok Pak Suko.

Berlokasi di depan Apotek Kejajar, Mie Ongklok Pak Suko disajikan lengkap dengan butiran bakso.

“Kebanyakan di warung lain, mi ongklok disajikan dengan tusukan sate. Kalau di sini, mi ongklok disajikan dengan butiran bakso,” terang istri Pak Suko sembari menyiapkan pesanan kami.

Baca juga: FOTO: 6 Potret Serunya Menikmati Embun Es Dieng

Di hadapannya, terdapat dua saringan gorengan berbahan stainless dan saringan gorengan berbahan kayu. Pembuatan mi ongklok menggunakan saringan kayu, sedangkan yang berbahan stainless digunakan untuk membuat mie ayam dan bakso.

Nikmatnya Mi Ongklok Pak SukoKompas.com/Nur Rohmi Aida Nikmatnya Mi Ongklok Pak Suko

“Mi ongklok itu karena pembuatannya dengan cara mi-nya diongklok-ongklok,” ujarnya sambil memperagakan menggerakkan tangan ke atas bawah seolah mengocok mi dengan saringan.

Mi Ongklok Pak Suko bisa dinikmati dengan harga Rp 14.000 seporsi. Mi Ongklok Pak Suko mempunyai rasa manis gurih, dengan cita rasa kacang dari kuah yang dilumurkan sebagai topping.

“Mi Ongklok diberi kuah kanji, dan sambal kacang. Itu yang bikin beda dengan mi yang lain,” tuturnya.

Pak Suko sendiri berjualan mi ongklok sejak tahun 1985. Menurut penuturan penjual, rata-rata pengunjung datang lantaran mereka penasaran dengan cita rasa mi ongklok.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X