Jambi Masuk Etape 7 dan 8 Tour de Singkarak 2019

Kompas.com - 03/07/2019, 11:24 WIB
Para pebalap melintasi Tebing Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, dalam etape kelima Tour de Singkarak, Rabu (7/10/2015). Dalam etape ini, para pebalap menempuh jarak 164 kilometer. KOMPAS/WAWAN H PRABOWOPara pebalap melintasi Tebing Harau, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, dalam etape kelima Tour de Singkarak, Rabu (7/10/2015). Dalam etape ini, para pebalap menempuh jarak 164 kilometer.

PADANG, KOMPAS.com - Dua kabupaten dan kota di Provinsi Jambi masing-masing Kerinci dan Sungai Penuh masuk dalam etape 7 dan 8 lomba balap sepeda jalan raya internasional Tour de Singkarak 2019.

"SK Gubernur sudah keluar. Jambi masuk dalam dua etape dari 9 etape yang direncanakan pada TdS 2019," kata Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit di Padang, Rabu (3/7/2019).

Partisipasi Jambi pada Etape 7 yang direncanakan start di Kayu Aro dan finish di Kerinci, Jambi kemudian Etape 8 star di Sungai Penuh, Jambi dan finish di Pesisir Selatan.

Nasrul menyebut keikutsertaan dua daerah di Jambi itu merupakan sejarah baru untuk pelaksanaan TdS, karena sejak awal pelaksanaan 2009 hanya melibatkan kabupaten dan kota di Sumbar.

Baca juga: Peserta Tour de Singkarak 2019 Berpeluang Jajal Kawasan Mandeh

Itu akan menjadi salah satu inovasi dan daya tarik baru dalam TdS 2019 tidak saja bagi warga Sumbar, tetapi juga warga Jambi.

"Kita mengundang tim balap sepeda dari Jambi untuk ikut serta bersaing dalam ajang balap sepeda internasional ini," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian mengatakan etape yang telah direncanakan itu akan disurvey kembali oleh tim teknis untuk memastikan kesiapannya pada Agustus dan Oktober.

Namun ia optimis 9 etape yang direncanakan itu akan lulus penilaian tim survey dengan dukungan semua pihak, termasuk Pemprov Jambi.

Pebalap sepeda Tour de Singkarak 2013 melintasi tanjakan sesaat setelah start di Padang Pariaman, Padang, Sumatera Barat, Minggu (9/6/2013). Etape 7 yang merupakan etape terakhir Tour de Singkarak dengan rute Padang Pariaman - Kota Padang menempuk jarak 143,5 km.WARTA KOTA / ANGGA BHAGYA NUGRAHA Pebalap sepeda Tour de Singkarak 2013 melintasi tanjakan sesaat setelah start di Padang Pariaman, Padang, Sumatera Barat, Minggu (9/6/2013). Etape 7 yang merupakan etape terakhir Tour de Singkarak dengan rute Padang Pariaman - Kota Padang menempuk jarak 143,5 km.
Terkait karakter lintasan, Oni mengatakan dua etape itu relatif landai bahkan banyak turunan sehingga diprediksi akan jadi ajang adu kecepatan pebalap.

Tour de Singkarak ke-11 rencananya akan digelar 2-10 November 2019 terbagi sembilan etape dengan grand star di Kota Pariaman dan grand finish di Kota Padang.

Berikut etape TdS 2019:

Etape I : Kota Pariaman - Tanah Datar.
Etape II : Pasaman - Bukittinggi.
Etape III : Payakumbuh - Sawahlunto.
Etape IV : Limapuluh Kota - Dharmasraya.
Etape V : Kabupaten Solok - Agam.
Etape VI : Padang Panjang - Solok Selatan.
Etape VII : Kayu Aro - Kerinci.
Etape VIII: Sungai Penuh - Pesisir Selatan.
Etape IX : Pesisir Selatan - Padang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X