Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Kunir, Spot Sunset Menawan yang Tersembunyi di Purworejo

Kompas.com - 03/07/2019, 14:06 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

PURWOREJO, KOMPAS.com – Bagi para pemburu keindahan matahari terbenam, musim kemarau merupakan saat yang tepat. Itu karena langit cenderung cerah sehingga sunset tidak akan terhalang oleh awan.

Ada banyak sekali tempat untuk menyaksikan momen pergantian siang menuju malam itu. Biasanya sunset bisa disaksikan dari tempat-tempat yang tinggi sehingga tidak ada penghalang pandangan menuju cakrawala barat.

Baca juga: Tanjung Kesirat, Tempat Terbaik Menikmati “Sunset” di Gunungkidul

Bagi sunset hunter yang berdomisili di Kabupaten Purworejo, mereka tidak perlu pergi ke luar daerah untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Salah satu tempat di mana sunset tersaji dengan indahnya adalah Gunung Kunir.

Wisata Gunung Kunir terletak di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari Kota Purworejo adalah sekitar 26 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Gunung Kunir, salah satu puncak tertinggi Pegunungan Menoreh

Lokasi Gunung Kunir adalah di kawasan Pegunungan Menoreh yang membentang di sebelah timur Kabupaten Purworejo. Pegunungan ini memanjang dari selatan ke utara, meliputi Kabupaten Kulon Progo (DIY), Purworejo, hingga Magelang.

Pegunungan Menoreh pun memiliki beberapa puncak-puncak tinggi di antara bukit-bukitnya yang terhampar luas. Titik tertinggi itu antara lain adalah Puncak Suroloyo dan Gunung Kendil di Kulon Progo, serta Gunung Trajumas dan Ayam-ayam di Purworejo.

Hamparan Pegunungan Menoreh dengan Gunung Trajumas yang menjulang tinggi dan Gunung Merapi di ufuk timur dilihat dari Gunung Kunir Purworejo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Hamparan Pegunungan Menoreh dengan Gunung Trajumas yang menjulang tinggi dan Gunung Merapi di ufuk timur dilihat dari Gunung Kunir Purworejo.

Titik tertinggi lainnya adalah Gunung Kunir yang memiliki ketinggian sekitar 975 meter di atas permukaan laut (mdpl). Lokasi pegunungan tempat Gunung Kunir berada merupakan perbatasan Kabupaten Purworejo dan Magelang.

Sebelah barat kawasan Gunung Kunir adalah bagian Kabupaten Purworejo, sementara lereng bukit sebelah timur yang curam sudah masuk kawasan Kabupaten Magelang.

Menanti keindahan sunset di Gunung Kunir Purworejo

Berada di ketinggian sekitar 975 mdpl menjadikan tidak ada penghalang untuk memandang ke arah barat. Matahari terbenam pun menjadi salah satu atraksi wisata yang tersaji di Gunung Kunir Purworejo.

Matahari terbenam bukan hanya satu-satunya pemandangan yang bisa diabadikan melalui satu frame foto. Saat musim kemarau antara Juni-September ketika matahari ada di belahan bumi utara, gunung Sindoro-Sumbing juga akan turut terabadikan bersama dengan sunset.

Baca juga: Waduk Cengklik, Tempat Menanti Keindahan “Sunset” Terbaik di Boyolali

Saat cuaca cerah, kedua gunung di sebelah barat laut Gunung Kunir itu tampak menjulang tinggi ke angkasa. Keberadaannya selain menghias foto lanskap matahari terbenam juga pas untuk dijadikan latar belakang.

Keindahan matahari terbenam di Puncak Gunung Kunir, Purworejo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Keindahan matahari terbenam di Puncak Gunung Kunir, Purworejo.

Sore hari yang teduh ditemani embusan angin sejuk Pegunungan Menoreh merupakan momen mendamaikan yang bisa didapatkan di puncak Gunung Kunir Purworejo. Suasanai itu seolah menghilangkan rasa lelah dan penat seketika.

Matahari akan terbenam sekitar pukul 17.20 WIB. Meski demikian, datang sejak pukul 16.00 WIB merupakan keputusan yang tepat agar lebih puas menikmati suasana mendamaikan di puncak Gunung Kunir.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com