Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pramugari Garuda Indonesia Kenakan Kebaya Anne Avantie di Rute Spesial

Kompas.com - 04/07/2019, 08:11 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia menghadirkan layanan penerbangan spesial yang bertajuk “Kebaya Pertiwi Special Flight” rute Jakarta-Semarang GA 238, Rabu (3/7/2019). Dalam penerbangan ini, pramugari Garuda Indonesia mengenakan seragam kebaya rancangan desainer Tanah Air, Anne Avantie.

"Kebaya Pertiwi Special Flight merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia untuk turut menjaga dan melestarikan kebaya sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang telah menjadi identitas wanita Indonesia hingga saat ini," kata Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara sesuai siaran pers yang diterima KompasTravel, Rabu (3/7/2019).

Ari menjelaskan kebaya tidak hanya sekadar pakaian wanita Indonesia. Kebaya mengandung pesan akan kekayaan dan keunggulan budaya serta kearifan lokal Indonesia yang sudah mendunia.

"Lebih dari itu tersirat makna yang sangat mendalam dari motif-motif yang ditampilkan pada pakaian tersebut. Sehingga diharapkan para wanita yang menggunakannya mampu merepresentasikan pesan moral dari motif kebayanya," jelas Ari.

Pramugari Garuda Indonesia mengenakan kebaya rancangan Anne Avantie. Dok. Garuda Indonesia Pramugari Garuda Indonesia mengenakan kebaya rancangan Anne Avantie.
Sedangkan desainer Anne Avantie mengatakan kebaya rancangannya yang bernama Kebaya Pertiwi, dirancang khusus untuk Garuda Indonesia dengan pesan agar Garuda Indonesia dapat selalu mengharumkan nama bangsa dan Negara Indonesia di mata dunia.

"Melalui siluet kebaya berkerah Kartini sebagai wujud emansipasi wanita, serta pemilihan motif ceplok sekar wangi yang memiliki warna lembut adalah simbol dari kelembutan dan keanggunan para pramugari dalam memberikan pelayanan ke seluruh penumpang Garuda Indonesia," kata Anne Avantie.

Ia juga secara khusus menyambut penumpang yang turun dari pesawat GA 238 saat di Semarang. Anne memberikan selendang batik spesial dari Avantie Handycraft untuk seluruh penumpang dan melayani permintaan berfoto bersama.

Pramugari Garuda Indonesia mengenakan kebaya rancangan Anne Avantie. Dok. Garuda Indonesia Pramugari Garuda Indonesia mengenakan kebaya rancangan Anne Avantie.
Kebaya Pertiwi Special Flight ini merupakan salah satu upaya Garuda Indonesia untuk terus menghadirkan “The New Flight Experience” sekaligus diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi para pelanggan Garuda Indonesia.

Sebelumnya Garuda Indonesia juga pernah menghadirkan konser musik akustik di pesawat “#GIAccoustic”, sajian ragam makanan khas Indonesia “Signature Dish”, perayaan hari Kartini dengan “Male Flight”, dan penerbangan bernuansa tempo dulu “Vintage Flight”. (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com