Kompas.com - 04/07/2019, 10:49 WIB

KOMPAS.com – Festival Kebudayaan Yogyakarta 2019 akan dibuka pada hari ini, Kamis (4/7/2019), di Titik 0 Kilometer, kawasan Malioboro, Yogyakarta, pada pukul 15.00 WIB.

Pembukaan FKY akan ditandai dengan pawai yang diikuti lebih dari 2.000 orang peserta dan dimeriahkan oleh 100 orang penari.

Pawai akan berangkat dari 2 titik yakni Kepatihan Malioboro dan Sewandanan Pakualaman. 

Dua rombongan pawai akan bertemu di kawasan 0 kilometer tepatnya di depan Gedung Museum Sonobudoyo.

FKY yang sebelumnya "Festival Kesenian Yogyakarta", kini berganti menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta.

Pergantian dari "kesenian" menjadi "kebudayaan" bertujuan agar festival ini lebih berkembang karena konteks kebudayaan yang dinilai lebih luas.

Dikutip dari siaran Instagram TV (IGTV) yang diunggah akun resmi FKY, @infofky, Kepala Dinas Kebudayaan DIY Aris Eko Nugroho mengatakan, dengan memakai kata "kebudayaan" cakupannya tak hanya kesenian, tetapi juga sisi lainnya.

“Ketika kemudian ada perubahan kesenian menjadi kebudayaan, sebenarnya kami ingin lebih mengembangkan. Kalau kemarin kesenian menjadi bagian obyek kebudayaan. Tetapi kami berharap kebudayaan menjadi bagian lebih luas karena kebudayaan tak hanya bicara tentang kesenian tapi juga dengan yang lain,” ujar Aris.

FKY 20119 sendiri akan berlangsung pada 4-21 Juli 2019 yang berpusat di Desa Panggungharjo, Sewon, Bantul, DI Yogyakarta.

Adapun beberapa rangkaian acara sepanjang pelaksanaan FKY 2019 di antaranya:

1. 4 Juli 2019: Pawai pembukaan di Titik Nol Kilometer Yogyakarta
2. 8-16 Juli 2019: Program Wirama-Wiraga-Wirasa di Gedung Museum Sonobudoyo (Wirama), Alun-Alun Kidul (Wiraga), dan Pendapa Taman Siswa (Wirasa).
3. 17 Juli 2019: Teater di Pendopo Art Space Desa Panggungharjo
4. 19 Juli 2019: Panggung Kontemporer di Museum Merapi Kaliurang
5. 13 Juli 2019: Pesta Rakyat Kampung Terban
6. 15 Juli 2019: Panggih di Museum Pangeran Diponegoro
7. Akhir pekan: Pasar Tiban di sekitar Telaga Julantoro Desa Panggungharjo 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.