KILAS

Miliki Potensi Besar, Kemenpar Terus Genjot Promosi Danau Toba

Kompas.com - 04/07/2019, 13:25 WIB
Danau toba dinikmati dari ketinggian di Bukit Huta Ginjang.https://pesona.travel Danau toba dinikmati dari ketinggian di Bukit Huta Ginjang.

 

KOMPAS.com - Danau Toba memiliki potensi besar sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia. Kawasan ini dinilai sangat strategis untuk menaikan arus kunjungan wisatawan.

"Danau Toba memiliki citra mendunia dengan alam dan budayanya yang eksotis," tutur Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata ( Kemenpar) Rizki Handayani di Jakarta, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Jika dilihat dari aspek atraksi, aksesibilitas dan amenitas, Danau Toba sudah memiliki semuanya. Destinasi ini memiliki banyak opsi atraksi, seperti atraksi Gajah di Tangkahan Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Eden, Bukit Kasih dan Bukit Doa.

Ada juga Huta Ginjang, Pulau Samosir, Hot Spring Sipoholon dan Sipinsur. Tak ketinggalan atraksi budaya, yakni Tari Tor Tor, Bertenun Ulos, Desa Wisata Ambarita dan Desa Wisata Tomok.

Baca jugaMelihat Keindahan Danau Toba dari Ketinggian

Untuk aksesibilitas udara didukung oleh Bandara Silangit dan Bandara Kualanamu. Jalur laut terhubung dari Pelabuhan Belawan, Tanjung Balai Sahan dan Kuala Tanjung.

Sementara itu, di jalur darat ada 4 ruas jalan tol dan Jalan Lingkar Danau Toba sepanjang 366 kilometer (KM). Ada juga Jalan Lingkar Pulau Samosir sepanjang 145 Km.

Besarnya potensi yang dimiliki, membuat Danau Toba memiliki pekerjaan rumah besar pula. Kawasan tersebut ditargetkan menarik arus wisatawan mancanegara (wisman) hingga 1 juta orang pada 2020.

Target ini wajar karena pergerakan wisman di awal 2019 cukup kompetitif, khususnya pemegang paspor Malaysia.

Pada triwulan pertama 2019, arus wisatawan Malaysia mencapai 30.003 orangatau sebesar 59,9 persen dari kuota total. Singapura di tempat kedua dengan 4.098 orang wisatawan atau 8,97 persen.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X