Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Mahasiswi Ini Viral, Habiskan Rp 4 Juta-an untuk Plesir 10 Hari di Thailand

Kompas.com - 04/07/2019, 13:36 WIB
Mela Arnani,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah twit perjalanan seorang mahasiswi Indonesia ke Thailand selama 10 hari dengan budget tak sampai Rp 5 juta, termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, dan uang jajan, viral di media sosial Twitter.

Mahasiswi bernama Dinar Savira itu membagikan kisahnya melalui akun Twitter-nya, @lalavivienrose. Cerita perjalanan Dinar pun menarik perhatian netizen sehingga di-retweet lebih dari 6.000 kali dan mendapatkan likes lebih dari 33.000.

Dinar saat ini tengah menempuh kuliah di salah satu universitas di Malaysia. Ia bertolak dari Kuala Lumpur menuju Bangkok pada Maret 2019.

Dalam perjalanan 10 hari di Thailand itu, ia menerapkan perjalanan semi-backpacker.

"Budget-ku Rp 5 juta, tapi total pengeluarannya Rp 4 juta. Aku tulis Rp 5 juta itu biar yang baca nabung-nya enggak mepet," kata Dinar saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/7/2019).

Menurut dia, pencarian tiket dan penginapan murah menjadi salah satu kunci untuk menekan pengeluaran.

"Kalau hotel aku biasanya cari lihat dulu di tripadvisor biasanya langsung di direct ke website-nya kalau enggak gitu di expedia," ujar Dinar.

Tiket pesawat

Salah satu destinasi yang didatangi Dinar dan kawannya.DOK. PRIBADI/ DINAR S Salah satu destinasi yang didatangi Dinar dan kawannya.
Perjalanan 10 hari di Thailand dilakukan Dinar bersama seorang temannya yang berangkat dari Jakarta pada 16-26 Maret 2019.

Tiket pesawat dari Kuala Lumpur menuju Bangkok didapatnya dengan harga RM134 atau setara Rp 469.000 pergi-pulang.

"Ternyata tiket yang aku temukan itu memang yang paling murah. Temanku sudah terlebih dahulu booking tiket pesawat, sementara aku yang saat itu sedang di Malaysia akhirnya memesan tiket Kuala Lumpur (KL)-DMK (Don Mueang International Airport) seharga RM 134 atau Rp 469.000 (pulang-pergi)," papar Dinar.

Dinar mengatakan, dalam proses pencarian tiket, ia biasanya tak langsung melakukan pemesanan, tetapi melakukan perbandingan ke sejumlah alternatif link pemesanan.

Dengan demikian, ia bisa mendapatkan tiket dengan harga terendah.

Perjalanan hari pertama dan kedua, Dinar dan temannya mengelilingi Kota Bangkok. Hari selanjutnya, mereka menghabiskan waktu di daerah Pattaya selama dua hari. Sementara, hari kelima hingga terakhir, keduanya kembali ke Bangkok.

Penginapan

Selama di sana, Dinar dan temannya tak hanya menginap di satu tempat, melainkan berpindah-pindah.

Anggaran untuk penginapan selama total 10 hari di Thailand sebesar Rp 1 juta per orang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com