Kompas.com - 04/07/2019, 20:00 WIB
Area Demilitarized Zone di Korea. Demilitarized Zone merupakan garis perbatasan di Korea Selatan dan Korea Utara. Dok. Korea Tourism OrganizationArea Demilitarized Zone di Korea. Demilitarized Zone merupakan garis perbatasan di Korea Selatan dan Korea Utara.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada 27 April 2018, pemimpin Korea Utara dan Korea Selatan bersama-sama berjalan melewati Military Demarcation Line (MDL). Berpegangan tangan, mereka mewakili masing-masing wilayah untuk memasuki era baru perdamaian dunia. Angin segar berhembus di zona konflik Demilitarized Zone (DMZ) yang tertutup untuk publik 65 tahun lamanya.

"Kini DMZ menjadi tempat wisata perdamaian bagi pengunjung. Tak hanya dari Korea Selatan, pihak Korea Utara pun mulai mempromosikan DMZ untuk wisatawan," tutur Andrew JH Kim, Director Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta Office saat seminar pariwisata DMZ di Museum Nasional, Kamis (4/7/2019).

DMZ Peace TrainDOK. Visit Korea DMZ Peace Train

Andrew mengatakan, DMZ merupakan obyek wisata baru untuk turis dari berbagai belahan dunia. Tak sedikit turis asal Indonesia yang berkunjung ke wilayah perbatasan ini, mengingat jaraknya hanya sekitar 1-2 jam dari Seoul (ibu kota Korea Selatan).

"Selama ini banyak turis Indonesia yang tertarik dengan drama Korea, lagu Korea. Lokasi syuting seperti Nami Island jadi favorit. Tapi semakin lama, orang Indonesia semakin mencari destinasi baru seperti DMZ ini. Pilihan wisatanya juga banyak," tambahnya.

Banyak tempat yang bisa Anda kunjungi di DMZ. Panmunjeom misalnya, kawasan paling strategis dan wajib dikunjungi. Di tempat ini Anda bisa melihat tentara Korut dan Korsel sekaligus. Area ini juga menjadi tempat berlangsungnya beberapa konferensi tingkat tinggi, seperti pertemuan Kim Jong Un dengan Presiden AS Donald Trump beberapa waktu lalu.

Selain itu ada Dorasan Station, stasiun kereta di Korea Selatan yang paling dekat dengan perbatasan Korea Utara. Beberapa terowongan bawah tanah bisa dimasuki, dulu dibuat oleh para tentara Korea Utara untuk menginvasi Korea Selatan.

Tak hanya sejarah, banyak jenis wisata yang ditawarkan di DMZ. Berikut daftarnya.

1. Panmunjeom - destinasi wajib didatangi. Tempat berlangsungnya konferensi tingkat tinggi seperti kunjungan Donald Trump beberapa bulan lalu.

2. Security Tours

3. DMZ Train Peace Tour - tur kereta dengan titik keberangkatan Kota Seoul

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.