Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (2)

Kompas.com - 05/07/2019, 14:07 WIB
Seorang pendaki di Puncak Gunung Sindoro. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYASeorang pendaki di Puncak Gunung Sindoro.

WONOSOBO, KOMPAS.com – Usai matahari terbenam di Area Camping Pos III pendakian Gunung Sindoro via Tambi, istirahat menjadi aktivitas terbaik untuk dilakukan agar kondisi fisik bugar ketika summit attack pada dini hari.

Sebelum tidur, jangan lupa setel alarm sekitar pukul 01.30 WIB agar perjalanan summit attack tidak terlambat. Perjalanan menuju puncak Gunung Sindoro dari Area Camping Pos III masih sekitar 3-4 jam.

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (1)

Setelah bangun pada dini hari sekitar 01.30 WIB, jangan lupa sarapan untuk mengisi energi yang dibutuhkan untuk perjalanan menuju puncak. Jika memungkinkan, berburu keindahan milky way atau bimasakti bisa dilakukan di sini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Anggara W. Prasetya (@anggarawepe) on Jul 2, 2019 at 5:10am PDT

Sekitar pukul 02.00 WIB, bimasakti berada di langit sebelah barat sehingga bisa diabadikan melalui kamera DSLR atau mirrorless. Tentu dibutuhkan tripod agar kamera senantiasa diam ketika proses memotret bima sakti.

Jalan Mulai Berbatu dan Menanjak Terjal

Jika melanjutkan perjalanan dari area camping, tenda dan barang bawaan yang tidak diperlukan seperti kompor serta nesting hendaknya ditinggal agar perjalanan ke puncak tidak terlalu berat. 

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (1)

Cukup bawa bekal makanan, minuman, jaket, masker, senter, dan barang berharga seperti kamera dan smartphone. Jika memungkinkan, gembok tenda agar tidak bisa dimasuki oleh pencuri.

Usai Area Camping Pos III, pos selanjutnya adalah Ladang Batu I. Selang beberapa saat, jalan setapak dari tanah menjadi jalan berbatu. Kondisi jalur juga semakin menanjak sehingga butuh usaha untuk menapakinya.

Jalan Menanjak Terjal Usai Area Camping Pos III Gunung Sindoro via Tambi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Jalan Menanjak Terjal Usai Area Camping Pos III Gunung Sindoro via Tambi.

Meski demikian, jalan batu tidaklah licin. Batuan yang dipijak cukup solid sehingga nyaman untuk ditapaki.

Baca juga: Sensasi Menyeruput Kopi Berlatar Belakang Gunung Sindoro-Sumbing

Perjalanan dari area camping sampai Ladang Batu 1 adalah sekitar satu jam. Sementara itu, sudah tidak ada pohon tinggi di kanan-kiri jalur.

Pos selanjutnya adalah Ladang Batu 2. Kondisi jalan setapak masih tetap menanjak.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X