Share this page

Cerita di Balik Manisnya Gula Kelapa Ciletuh

Kompas.com - 5/Jul/2019 , 15:31 WIB

Cerita di Balik Manisnya Gula Kelapa Ciletuh


KOMPAS.com - 
Hampir semua olahan kuliner di berbagai daerah di Indonesia, memakai gula merah atau gula kelapa. Tak hanya cita rasa manisnya yang unik, tapi proses pembuatannya juga istimewa.

Di banyak daerah, gula kelapa masih diproduksi secara tradisional. Salah satunya, gula kelapa dari Ciletuh, Sukabumi, Jawa Barat.

Petani-petani gula kelapa di Panenjoan, Sukabumi, langsung mengolah sari kelapa agar menjadi gula merah. Sari kelapa yang diambil dari bakal buah kelapa, ditampung dalam jerigen kapasitas 5 liter. Per hari dari 1 pohon kelapa para petani bisa menghasilkan 25 liter bila kondisi cuaca sedang bagus.

Cara tradisional

Gula kelapa Ciletuh masih dibuat dengan cara tradisional. Tak ada mesin modern, semua masih mengandalkan perlengkapan tradisional, tenaga manusia dan cuaca atau cahaya matahari. Oleh karena itu, proses pembuatannya jadi memakan waktu cukup panjang.

Gula kelapa Ciletuh masih memakai bahan-bahan asli, alami. Tak ada campuran bahan kimia. Gula kelapa diperoleh dari sari kelapa yang diproses. Proses memasak air lahang atau sari kelapa biasanya dilakukan selama 5 jam.

Dalam 1 hari dengan kondisi cuaca yang kurang bagus, petani gula kelapa biasanya bisa menghasilkan 1 pak yang berisi 15 gelas cetakan kayu setinggi 10 centimeter. Beratnya bisa mencapai 9 kilogram, namun bila cuaca sedang bagus bisa menghasilkan 40 kilogram per hari.

Dari tangan petani gula, gula kelapa dipasarkan ke pengepul yang akan mendistribusikan lagi ke pedagang di pasar-pasar atau toko.

"Untuk penjualannya sudah ada pengepul yang membanderol harga sebesar Rp 8000 per kilogram.

Bila kondisi cuaca sedang tidak bagus hanya mendapat upah kurang lebih Rp 76.000- Rp 100.000," ujar Asep (35), petani gula kelapa asal Kampung Cibogo, Desa Taman Jaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Baca juga artikel menarik lainnya di Jawa Barat berikut:

Si Kembar yang Cantik di Geopark Ciletuh

Perjalanan ke Luar Angkasa dari Observatorium Bosscha Bandung

Tiga Tempat Keren Menikmati Sunrise di Bandung Utara

Indonesia punya banyak hal menarik yang bisa digali menjadi cerita. Baca selengkapnya dalam laman Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya