Kompas.com - 06/07/2019, 13:23 WIB
Pertunjukan IMF 2019 di Pendopo Gedi Balaikota Surakarta Jumat(05/07/2019)- Kompas.com/Nur Rohmi AidaPertunjukan IMF 2019 di Pendopo Gedi Balaikota Surakarta Jumat(05/07/2019)-

KOMPAS.com – International Mask Festival atau IMF kembali digelar di Kota Solo. Festival topeng internasional ini merupakan acara tahunan berskala internasional yang mengusung konsep pertunjukan seni topeng dan kerajinan topeng.

IMF 2019 berlangsung selama dua hari, sejak Jumat (5/7/2019) malam hingga Sabtu (6/7/2019), di Pendapi Gedhe, Balaikota, Surakarta.

Pembukaan IMF 2019 yang digelar pada Jumat malam, dihadiri oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo.

“IMF ini dimaksudkan, kita sebagai bangsa yang besar wajib melestarikan seni dan budaya,” ujar FX Hadi Rudyatmo saat memberikan sambutan.

Delegasi sejumlah negara juga tampak hadir, di antaranya Sandra Ruth M.E.F (Senior Tourism Operations Officer dari Bacolod City Philipines), dan Danielle Isabelle F.Sycip (Project Development Officer II ).

Sejumlah kesenian ditampilkan, satu di antaranya tarian yang berkisah tentang berdirinya Kerajaan Singo Barong di Alas Lodoyo. Tarian ini dibawakan oleh para penari dari Sanggar Seni Singo Yogo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada pula Tari Losari yang dibawakan Sanggar Purwa Kencana. Tarian ini diciptakan oleh Panembahan Losari atau Pangeran Angkawijaya sekitar 400 tahun yang lalu.

Sementara itu, para penari dari Tedjo Dance membawakan Tari Bapang, dan Tari Topeng 5 Wanda serta Tari Fragmen yang ditarikan para penari dari Sanggar Seni Wijaya Kusuma.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.