Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berakhir Malam Ini, Jangan Lewatkan Festival Topeng Internasional di Solo!

Kompas.com - 06/07/2019, 13:23 WIB
Nur Rohmi Aida,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com – International Mask Festival atau IMF kembali digelar di Kota Solo. Festival topeng internasional ini merupakan acara tahunan berskala internasional yang mengusung konsep pertunjukan seni topeng dan kerajinan topeng.

IMF 2019 berlangsung selama dua hari, sejak Jumat (5/7/2019) malam hingga Sabtu (6/7/2019), di Pendapi Gedhe, Balaikota, Surakarta.

Pembukaan IMF 2019 yang digelar pada Jumat malam, dihadiri oleh Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo.

“IMF ini dimaksudkan, kita sebagai bangsa yang besar wajib melestarikan seni dan budaya,” ujar FX Hadi Rudyatmo saat memberikan sambutan.

Delegasi sejumlah negara juga tampak hadir, di antaranya Sandra Ruth M.E.F (Senior Tourism Operations Officer dari Bacolod City Philipines), dan Danielle Isabelle F.Sycip (Project Development Officer II ).

Sejumlah kesenian ditampilkan, satu di antaranya tarian yang berkisah tentang berdirinya Kerajaan Singo Barong di Alas Lodoyo. Tarian ini dibawakan oleh para penari dari Sanggar Seni Singo Yogo.

Ada pula Tari Losari yang dibawakan Sanggar Purwa Kencana. Tarian ini diciptakan oleh Panembahan Losari atau Pangeran Angkawijaya sekitar 400 tahun yang lalu.

Sementara itu, para penari dari Tedjo Dance membawakan Tari Bapang, dan Tari Topeng 5 Wanda serta Tari Fragmen yang ditarikan para penari dari Sanggar Seni Wijaya Kusuma.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com