ASDP Siapkan Paket Wisata untuk di Selat Sunda

Kompas.com - 07/07/2019, 13:07 WIB
Lanskap Pulau Pahawang dilihat dari Pulau Kelagian Lunik. 
KOMPAS/M CLARA WRESTILanskap Pulau Pahawang dilihat dari Pulau Kelagian Lunik.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) berencana untuk menjual paket wisata di Selat Sunda. Paket wisata rencananya akan memanfaatkan kapal-kapal ASDP untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata daerah Banten dan Lampung.

"Dengan kehadiran pak menteri (Menteri Pariwisata, Arief Yahya) itu kita akan mengemas bagaimana program itu bisa dijual dan diminati oleh wisatawan," jelas Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP Yusuf Hadi di acara diskusi grup bersama milenial di Terminal Eksekutof Merak Sosoro, Cilegon, Jumat (5/7/2019).

Hadi menyebutkan paket wisata ini akan memberdayakan kapal-kapal ASDP yang menunggu jadwal operasional, sehingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan di sekitar Banten dan Lampung.

Baca juga: Ini Bedanya kalau Kamu Pakai Feri dari Pelabuhan Merak Eksekutif

Untuk rencana penjualan paket wisata ini, Hadi menyebutkan sebelum periode libur Natal dan Tahun Baru akan dijual ke masyarakat.

"Untuk Banten kita sudah punya Tanjung Lesung, beruntung bisa kita manfaatkan. Untuk Gunung Anak Krakatau saya rasa bisa contoh Ijen yang menjadi kawasan TWA (Taman Wisata Alam). Nanti kita diskusikan saja radius mana yang TWA radius mana yang cagar alam," jelas Menpar, Arief Yahya.

Ia menyebutkan penting untuk menetapkan area Taman Wisata Alam ke Gunung Anak Krakatau untuk menjadi atraksi wisata di daerah Selat Sunda.

Pihak ASDP sendiri berkomitmen untuk mengembangkan pariwisata di berbagai daerah yang dilewati oleh rute kapalnya.

Saat ini di ada 72 kapal ASDP dan swasta yang beroperasional di kawasan Selat Sunda. Dalam satu bulan kapal ASDP reguler beroperasi 12 hari dan eksekutif beroperasi 20 hari.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X