Cerita Gibran Rakabuming Populerkan Minuman Tradisional Lewat Produk Goola

Kompas.com - 08/07/2019, 07:00 WIB
Peluncuran gerai Goola di Plaza Indonesia Mal, Jumat (5/7/2019). Kompas.com/SHERLY PUSPITAPeluncuran gerai Goola di Plaza Indonesia Mal, Jumat (5/7/2019).

 

KOMPAS.com – Di salah satu sudut Plaza Indonesia ada sebuah gerai minuman yang baru saja dibuka. Di depan gerai terpampang banner yang menampilkan gambar berbagai minuman tradisional Indonesia dang dikemas dalam cangkir plastik yang kekinian berlogo.

Di sekitar gambar terdapat keterangan nama minuman seperti Es Doger Jeger, Es Merdeka 45, Es Goola Aren, Es Cincau, Es Kacang Hijau, Es Ketan Hijau, dan berbagai macam minuman racikan teh.

Itulah Goola, gerai minuman tradisional milik Gibran Rakabuming Raka. Setelah sukses merilis beragam usaha kuliner seperti Chilli Pari, Markobar, dan Ternak Kopi, putra Presiden Joko Widodo ini merilis usaha baru di bidang minuman tradisional.

Hari ini, Jumat (5/7/2019), Gibran meresmikan gerai  Goola di dua mal besar Jakarta, yaitu Plaza Indonesia dan Pasific Place. Sebelumnya sudah ada tiga gerai Goola di kawasan Cikini, Tokopedia Tower, dan Padang Merdeka Mal Kelapa Gading.

Gibran berkisah, ide usaha ini muncul karena Ia melihat akhir-akhir ini masyarakat Indonesia tengah “demam” dengan minuman-minuman asal luar negeri .

Peluncuran gerai Goola di Plaza Indonesia Mal, Jumat (5/7/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Peluncuran gerai Goola di Plaza Indonesia Mal, Jumat (5/7/2019).
“ Jadi kami ini head to head sama produk luar negeri, kan sekarang banyak sekali ya kayak Thai Tea, boba, segala macemnya itu. Nah kita kan Indonesia sebenarnya punya banyak banget minuman-minuman yang enggak kalah enak sebenarnya,” ujar Gibran ketika ditemui di Plaza Indonesia, Jumat.

Tak hanya soal rasa, Gibran juga menilai kemasan minuman yang menarik membuat masyarakat Indonesia kemudian berpikir minuman asal luar negeri lebih keren.

Dari sini, lanjut Gibran muncullah ide untuk mempopulerkan minuman khas Indonesia.

Ia mengubah tampilan minuman tradisional dengan kemasan yang lebih menarik dan Instagramable.

Harapannya, minuman-minuman tradisional ini akan mengembalikan mindset  masyarakat Indonesia untuk mencintai minuman tradisional.

Peluncuran gerai Goola di Plaza Indonesia Mal, Jumat (5/7/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Peluncuran gerai Goola di Plaza Indonesia Mal, Jumat (5/7/2019).

“Kami kemas lebih menarik. Lalu kalau orang itu makan es doger sebisa mungkin enggak perlu pakai sendok sama mangkok, disedot saja. Nah cara-cara itu sih untuk mengenalkan minuman kita kepada anak muda. Pokoknya kita bikin minuman khas Indonesia, minuman yang benar-benar lokal, tradisional kita kemas sebaik mungkin agar bisa dinikmati anak muda,” lanjut Gibran.

Goola dijual dengan harga mulai dari Rp 18.000 hingga Rp 27.000. Yang menarik, di gerai Goola pelanggan dapat memesan minuman dengan tingkat rasa manis sesuai selera mulai dari no sugar, less sugar, half sugar, hingga full sugar. 

Ada sebanyak 22 kreasi minuman tradisional di gerai Goola. "Lalu saat ini kan sedang tren minuman brown sugar dan juga bubble tea, Goola turut mengahdirkan versi lokalnya, yaitu Es Goola Aren, yang menggunakan bubble ala Indonesia yaitu Bubble 45 yang ada sagu mutiaranya, serta susu kelapa dan gula aren," tambah Gibran.

Goola juga dapat dipesan melalui aplikasi pemesanan online. Bagaimana, penasaran?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X