Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

PIKF Kembali Digelar, Ribuan Layangan Akan Terbang di Langit Pangandaran

Kompas.com - 08/07/2019, 12:51 WIB
Mico Desrianto,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bupati Pangandaran Jeje Wiradinat memastikan event Pangandaran International Kite Festival (PIKF) akan kembali digelar tahun ini, tepatnya pada 12 hingga 14 Juli.

Berlokasi di lapangan Katapang Doyong Pantai Timur, Pangandaran, Jawa Barat, event itu adalah festival tahunan yang menerbangkan ribuan layang-layang di langit Pangandaran selama seharian penuh.

Namun khusus tahun ini, semua peserta festival dipastikan akan menyiapkan desain unik dan menarik, seperti adanya layang-layang balon, dua dimensi, tiga dimensi, sport, dan tidak ketinggalan layang-layang bertemakan kearifan lokal.

"Pesertanya makin variatif dan makin banyak. Yuk ramai-ramai ke PIKF lalu saksikan layang-layangnya," ujar Jeje sesuai keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Senin (8/7/2019).

Baca jugaLayang-Layang Tidak Hanya Satu, Ini Jenis-Jenisnya

Selain festival layang-layang, lanjut Jeje, PIKF juga turut dimeriahkan dengan agenda festival seni budaya baik lokal maupun internasional.

"Itu karena 10 negara sahabat seperti Jepang, Italia, Amerika Serikat, Selandia Baru, Thailand, dan Malaysia juga ikut berpartisipasi," ucap dia.

Lalu akan ada juga pameran dari pelaku UMKM, wisata kuliner khas Pangandaran, bersih-bersih pantai, lomba mewarnai layang-layang, dan fashion show.

"Keseruannya akan terus berlanjut sampai malam hari," jelas Jeje.

Baca jugaKabar Gembira, PT KAI Luncurkan Rute Baru ke Pangandaran

Sementara itu, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya juga menyambut positif ajang PIKF yang terus konsisten digelar.

Hal itu karena dapat menyedot ribuan turis lokal dan asing datang ke Pangandaran.

"Momennya pas karena bertepatan dengan libur sekolah, PIKF saya prediksi akan sangat ramai dan memberikan kesan yang tak terlupakan bagi wisatawan," ujar Arief.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com