INFOGRAFIK: Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto Jadi Warisan Dunia

Kompas.com - 08/07/2019, 14:10 WIB
Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto, Resmi Jadi Warisan Dunia UNESCO KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoTambang Batubara Ombilin Sawahlunto, Resmi Jadi Warisan Dunia UNESCO

JAKARTA, KOMPAS.com - United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) resmi menetapkan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto resmi ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO.

Penetapan ini diumumkan pada gelaran Sesi ke-43 Pertemuan Komite Warisan Dunia, di Baku, Azerbaijan, Sabtu (6/7/2019).

Warisan Tambang Batubara Ombilin di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, berjarak 95 kilometer dari Kota Padang.

Di wilayah ini berdiri kokoh sisa-sisa industri pertambangan batubara dari era kolonialisme. Kini menjadi bagian dari sejarah dan perkembangan kebudayaan di Sumatera Barat.

Baca juga: Sejarah Ombilin Sawahlunto, dari Kota Tambang Jadi Situs Warisan Dunia

Selain Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto, terdapat 35 situs lain di dunia yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2019.

Perkembangan kota ini dimulai saat ahli geologi WH de Greve menemukan potensi besar kandungan batubara di tempat tersebut pada tahun 1969, tepatnya di tepi Sungai Ombilin.

Harian Kompas 15 Februari 1978 menuliskan, tambang batubara Ombilin dibangun pada 1888.

Selengkapnya, simak infografik berikut:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto, Resmi Jadi Warisan Dunia UNESCO

 

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X