8 Tips Mendaki Gunung Sindoro via Kebun Teh Tambi Wonosobo

Kompas.com - 08/07/2019, 16:05 WIB
Panorama Gunung Sindoro dilihat dari Gunung SumbingKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Panorama Gunung Sindoro dilihat dari Gunung Sumbing

WONOSOBO, KOMPAS.com Gunung Sindoro yang memiliki ketinggian 3.153 meter di atas permukaan laut (mdpl) merupakan salah satu tujuan pendakian favorit di Provinsi Jawa Tengah.

Ketinggian tersebut menjadikan Sindoro sebagai salah satu gunung di Jawa Tengah dengan ketinggian lebih dari 3.000 mdpl selain Slamet (3.428 mdpl), Sumbing (3.371 mdpl), Merbabu (3.142 mdpl), dan Lawu di perbatasan Jawa Tengah-Jawa Timur (3.265 mdpl).

Kledung biasanya menjadi jalur pendakian yang kerap digunakan pendaki untuk mencapai Puncak Gunung Sindoro. Namun ada jalur pendakian lain yang tak kalah menawan, yakni via Kebun Teh Tambi.

Salah satu basecamp yang bisa digunakan pendaki untuk memulai perjalanan menuju puncak Sindoro dari Kebun Teh Tambi adalah Sigedang. Jika ingin mendaki Sindoro dari jalur ini, berikut 4 tips-nya:

1 Siapkan uang pas

Usai mendaftar, pendaki harus menyiapkan sejumlah uang untuk membeli tiket mendaki. Per Juli 2019 harga tiketnya tidaklah mahal, yakni hanya Rp 15.000 setiap orang. Pendaki juga sudah mendapat asuransi dengan nominal tersebut.

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (1)

Jika membawa sepeda motor, maka tarif parkirnya adalah Rp 5.000. Karena kemungkinan besar sepeda motor akan menginap di basecamp, maka tarif parkir inap adalah Rp 10.000 per sepeda motor.

Jika membawa mobil, maka tarif parkir biasa adalah Rp 10.000. Sementara tarif parkir inap adalah Rp 20.000. Pendaki harus membayar biaya tersebut dengan uang tunai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X