4 Tips untuk Kamu yang Liburan ke Dieng Naik Motor

Kompas.com - 09/07/2019, 13:33 WIB
Wisatawan Menikmati Embun Es DiengKompas.com/Nur Rohmi Aida Wisatawan Menikmati Embun Es Dieng

KOMPAS.com – Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah selalu "seksi" di mata wisatawan. Sebelumnya, KompasTravel pernah membahas aneka transportasi menuju Dieng.

Baca juga: Mau ke Dieng Lihat Embun Es? Begini Transportasi ke Dieng dari Jakarta

Kini, KompasTravel ingin memberikan tips untuk Kamu yang ingin menuju Dieng naik motor. Tentunya opsi ini paling baik dilakukan oleh wisatawan asal kota-kota yang tak jauh dari Dieng, seperti Solo atau Yogyakarta.

Berikut tipsnya:

1. Google Maps

Untuk Kamu yang belum tahu arah, bisa menggunakan Google Map untuk petunjuk menuju Dieng.

Jika dari arah Solo, KompasTravel menuju Dieng dengan melalui jalur alternatif menuju Magelang-Getasan. Selanjutnya mengikuti jalur menuju Secang hingga tiba di Temanggung, dan akhirnya Wonosobo, dan berakhir di Dieng.

Sementara jika dari arah Yogyakarta, pilihlah jalur yang mengarah ke Magelang-Purworejo. Perhatikan estimasi waktu ketika memilih jalur dengan Google Maps.

2. Siapkan Perbekalan

Waktu perjalanan cukup lama, maka ada baiknya siapkan perbekalan seperti minuman maupun makanan ringan.

Dari Solo sendiri waktu tempuh perjalanan menuju Dieng dengan motor berkisar antara 5 jam. Sementara ketika dari Jogja waktu tempuh berkisar antara 3,5 jam perjalanan.

3. Kenakan Baju Hangat

Karena nanti ketika memasuki daerah Wonosobo hawa akan terasa sangat dingin. Maka baju hangat, jaket, kaos tangan dan kaos kaki dari awal tentunya diperlukan.

Jangan lupa untuk menyiapkan pakaian hangat cadangan karena sampai di Dieng, hawa dingin akan semakin menusuk tulang lantaran suhu bisa mencapai dibawah nol derajat Celcius.

4. Berangkatlah Sepagi Mungkin

Perjalanan ke Dieng yang memakan waktu lama, sebaiknya diimbangi dengan waktu keberangkatan sepagi mungkin.

Apalagi, berdasarkan pengalaman KompasTravel, jalur saat memasuki Wonosobo hingga menuju kawasan Dieng sangat minim penerangan. Juga, saat malam hari udara yang berhembus terasa sangat dingin.

5. Pastikan Motor Dalam Keadaan Sehat

Sepanjang perjalanan baik ketika di wilayah jalur Magelang, maupun daerah Wonosobo, jalur yang akan Kamu lewati adalah jalur dengan kondisi medan yang naik turun.

Tentunya memastikan motor dalam kondisi prima sangat diperlukan agar perjalananmu menuju Dieng berlangsung lancar.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X