Kuliner dan Kesenian khas Indonesia Akan Dipromosikan di Supermarket Paris

Kompas.com - 09/07/2019, 14:06 WIB
Supermarket Paris Store di Perancis. Dok. VITO FranceSupermarket Paris Store di Perancis.

JAKARTA, KOMPAS.com - VITO (Visit Indonesia Turism Officer) France mengadakan acara promosi Indonesia dengan judul L’INDONESIE A L’HONNEUR bekerjasama dengan salah satu Supemarket ASIA terbesar di Perancis, Paris Store selama satu hari penuh, Sabtu (13/7/2019).

"Paris Store adalah salah satu supermarket Asia terbesar di Perancis yang ada di hampir seluruh kota-kota Perancis. Jadi pengunjung yang akan datang itu setiap hari Sabtu ada ribuan orang, sekitar 5.000 orang," kata Kepala VITO France, Eka Moncarre dihubungi KompasTravel, Senin (8/7/2019).

Pada kesempatan tersebut, akan ditampilkan demo memasak khususnya untuk menu nasi goreng, sate ayam dan dadar gulung yang disediakan oleh Restoran Indonesia, restoran pertama di Paris yang menyajikan hidangan Indonesia. Selain itu, terdapat juga promosi terkait destinasi pariwisata yang berada di Indonesia.

Baca juga: Warga Perancis Serbu Rendang di Pameran Gastronomi Paris

Tidak kalah menarik adalah dilakukannya in-store product tasting and survey. Pengunjung dapat mencicipi secara langsung produk-produk potensial Indonesia, seperti produk teh dan camilan. Akan ditampilkan juga tarian tradisional Indonesia untuk menampilkan budaya Indonesia yang begitu beragam.

Eka mengatakan VITO France juga akan mengundang perwakilan agen perjalanan di Perancis, untuk memperkenalkan produk makanan dan kesenian khas Indonesia bersamaan dengan acara ini.

Paris Store merupakan supermarket Asia terbesar di Prancis yang berdiri sejak 40 tahun yang lalu dengan total 21 outlets antara lain di Paris, Lyon, Marseille, Toulouse, Strasbourg, dan lainnya.

Secara keseluruhan terdapat 6.000 produk yang dijual di dalam toko Paris Store di mana turn over tahunan mencapai 220 juta Euro dengan pergerakan perdagangan sebesar 7.500 ton airfreight per tahun serta 3.500 kontainer laut per tahun.

Namun demikian, tercatat saat ini Paris Store hanya mengimpor produk ikan beku dari Indonesia sedangkan belum terdapat produk makanan dan minuman siap saji dari Indonesia yang sangat beragam variasinya. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi upaya bagi akses terhadap produk-produk Indonesia di pasar Perancis.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Paris Store bekerja sama dengan VITO France, Atase Perdagangan Indonesia di Paris dan juga dengan partner-partner Indonesia di Perancis/Eropa seperti: Restoran INDONESIA di Paris, PT.Interaromat, dan Asosiasi Sekar Jagat yang akan menampilkan tarian tradisional budaya Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X