Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliner dan Kesenian khas Indonesia Akan Dipromosikan di Supermarket Paris

Kompas.com - 09/07/2019, 14:06 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - VITO (Visit Indonesia Turism Officer) France mengadakan acara promosi Indonesia dengan judul L’INDONESIE A L’HONNEUR bekerjasama dengan salah satu Supemarket ASIA terbesar di Perancis, Paris Store selama satu hari penuh, Sabtu (13/7/2019).

"Paris Store adalah salah satu supermarket Asia terbesar di Perancis yang ada di hampir seluruh kota-kota Perancis. Jadi pengunjung yang akan datang itu setiap hari Sabtu ada ribuan orang, sekitar 5.000 orang," kata Kepala VITO France, Eka Moncarre dihubungi KompasTravel, Senin (8/7/2019).

Pada kesempatan tersebut, akan ditampilkan demo memasak khususnya untuk menu nasi goreng, sate ayam dan dadar gulung yang disediakan oleh Restoran Indonesia, restoran pertama di Paris yang menyajikan hidangan Indonesia. Selain itu, terdapat juga promosi terkait destinasi pariwisata yang berada di Indonesia.

Baca juga: Warga Perancis Serbu Rendang di Pameran Gastronomi Paris

Tidak kalah menarik adalah dilakukannya in-store product tasting and survey. Pengunjung dapat mencicipi secara langsung produk-produk potensial Indonesia, seperti produk teh dan camilan. Akan ditampilkan juga tarian tradisional Indonesia untuk menampilkan budaya Indonesia yang begitu beragam.

Eka mengatakan VITO France juga akan mengundang perwakilan agen perjalanan di Perancis, untuk memperkenalkan produk makanan dan kesenian khas Indonesia bersamaan dengan acara ini.

Paris Store merupakan supermarket Asia terbesar di Prancis yang berdiri sejak 40 tahun yang lalu dengan total 21 outlets antara lain di Paris, Lyon, Marseille, Toulouse, Strasbourg, dan lainnya.

Secara keseluruhan terdapat 6.000 produk yang dijual di dalam toko Paris Store di mana turn over tahunan mencapai 220 juta Euro dengan pergerakan perdagangan sebesar 7.500 ton airfreight per tahun serta 3.500 kontainer laut per tahun.

Namun demikian, tercatat saat ini Paris Store hanya mengimpor produk ikan beku dari Indonesia sedangkan belum terdapat produk makanan dan minuman siap saji dari Indonesia yang sangat beragam variasinya. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi upaya bagi akses terhadap produk-produk Indonesia di pasar Perancis.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Paris Store bekerja sama dengan VITO France, Atase Perdagangan Indonesia di Paris dan juga dengan partner-partner Indonesia di Perancis/Eropa seperti: Restoran INDONESIA di Paris, PT.Interaromat, dan Asosiasi Sekar Jagat yang akan menampilkan tarian tradisional budaya Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com