7 Tragedi Kecelakaan Pendaki Gunung sejak Tahun 2018

Kompas.com - 09/07/2019, 17:00 WIB
Punggungan Gunung Sumbing yang berselimut kabut. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPunggungan Gunung Sumbing yang berselimut kabut.

KOMPAS.com – Tragedi hilagnya pendaki bernama Thoriq Rizky Maulidan (14) di Gunung Piramid Bondowoso memang menyita perhatian publik. Ia akhirnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada Hari Jumat (5/07/2019) lalu.

Tragedi hilangnya pendaki gunung di Indonesia ternyata tidak hanya satu atau dua kali saja. Sejak awal tahun 2018 silam sampai kejadian hilangnya Thoriq, telah ada beberapa tragedi hilangnya pendaki gunung.

Baca juga: Jenazah Thoriq Ditemukan Tersangkut di Pohon

Beberapa pendaki yang hilang itu ada yang ditemukan tewas, ada pula yang tidak pernah ditemukan hingga sekarang. Bahkan, ada juga pendaki yang ditemukan dalam wujud kerangka.

Inilah 7 tragedi pendaki yang hilang dan meninggal di gunung Indonesia sejak awal 2018 silam:

1. Zakia Putra Andika: Hilang di Gunung Raung dan ditemukan meninggal dunia

Tragedi hilangnya pendaki di awal 2018 dimulai dari Gunung Raung yang berada di Provinsi Jawa Timur. Mahasiswa asal Lamongan itu dinyatakan hilang sejak Kamis (1/02/2018) sekitar pukul 13.15 WIB.

Embusan abu vulkanik dari Gunung Raung mengarah ke selatan tenggara mengakibatkan Bandara Blimbingsari  Banyuwangi ditutup pada hari ketiga, Minggu (13/7/2015).Ira Rachmawati/Kompas.com Embusan abu vulkanik dari Gunung Raung mengarah ke selatan tenggara mengakibatkan Bandara Blimbingsari Banyuwangi ditutup pada hari ketiga, Minggu (13/7/2015).
Ia terpisah dari rekan pendakiannya bernama Mohamad Sholahudin Qoyim (22) saat berusaha mencapai Puncak Tusuk Gigi. Zaki akhirnya ditemukan meninggal dunia di bawah Puncak Tusuk Gigi pada Hari Minggu (4/02/2018) sekitar pukul 12.49 WIB.

Baca juga: Zaki, Mahasiswa yang Tersesat di Gunung Raung, Ditemukan Tewas

Meninggalnya Zaki diduga karena ia mendaki tanpa perlengkapan memadai dan tanpa pemandu. Saat mendaki, dilaporkan pula jika mereka dihantam cuaca buruk berupa kabut tebal yang disertai hujan dan angin.

2. Andrey Voytech: Hilang di Gunung Merbabu dan ditemukan meninggal dunia

Hilangnya pendaki tidak hanya dialami WNI saja. Pada Hari Jumat (30/03/2018), seorang warga negara Selandia Baru bernama Adrey Voytech (39) dilaporkan hilang di Gunung Merbabu melalui jalur pendakian Thekelan.

Baca juga: Hilang Sepekan, Pendaki Asal Slovakia Ditemukan Tewas di Gunung Merbabu

Gunung Merbabu Dilihat dari New Selo, BoyolaliKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gunung Merbabu Dilihat dari New Selo, Boyolali
Andrey akhirnya ditemukan pada Hari Sabtu (7/04/2018) sekitar pukul 08.40 WIB di sebuah aliran sungai dalam keadaan meninggal dunia. Diduga ia jatuh dari ketinggian tiga-empat meter kemudian masuk ke sungai.

3 Saidin: Hilang di Gunung Semeru dan belum ditemukan hingga kini

Tragedi hilangnya pendaki selanjutnya datang dari gunung tertinggi Pulau Jawa, Semeru. Dilaporkan pendaki asal Brebes bernama Saidin (20) meninggal dunia usai tersesat dan jatuh dari pohon pada Hari Kamis (4/10/2018).

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X