Memasarkan Indonesia Lewat Makanan di Perancis

Kompas.com - 09/07/2019, 20:05 WIB
Parade ikon kuliner Indonesia, yang memamerkan ke 34 set menu kuliner unggulan dari berbagai propinsi di Indonesia, dalam Indonesia Culinary Confrence & Creative Expo, Rabu (4/9/2017). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAParade ikon kuliner Indonesia, yang memamerkan ke 34 set menu kuliner unggulan dari berbagai propinsi di Indonesia, dalam Indonesia Culinary Confrence & Creative Expo, Rabu (4/9/2017).

JAKARTA, KOMPAS.com - VITO (Visit Indonesia Turism Officer) France punya strategi unik untuk memperkenalkan Indonesia di Perancis. Makanan menjadi jalur pembuka mengenalkan Indonesia pada orang Perancis yang belum kenal akan Indonesia.

"Orang Perancis tahu dengan kuliner, mereka tahu banget dengan gastronomi. Jadi kalau kita mempromosikan Indonesia lewat kuliner dan gastronomi itu masuk sekali," jelas Kepala VITO France, Eka Moncarre dihubungi KompasTravel, Senin (8/7/2019).

Eka bercerita saat beberapa kali mengadakan demo masak atau festival kuliner Indonesia di Perancis, banyak orang Perancis yang takjub saat mencoba kuliner Indonesia.

"Ya mereka suka makanan Indonesia, karena kuliner Indonesia masih terbilang baru untuk orang Perancis," jelas Eka.

Baca juga: Warga Perancis Serbu Rendang di Pameran Gastronomi Paris

Makanan Indonesia juga disebutkan Eka cocok untuk lidah orang Perancis. Kandungan bumbu dan rempah yang loyal membuat orang Perancis menggangap makanan Indonesia unik. 

Namun jika bicara preferensi wisata, mayoritas orang Perancis lebih menyukai wisata alam dan budaya.

"Seratus persen mereka mempriotitaskan alam dan budaya, kuliner itu suplemen. Tetapi kita memperkenalkan gastronomi untuk strategi memperkenalkan Indonesia. VITO Perancis jadikan ini sebagai starategi marketing," kata Eka.

Salah satu acara promosi Indonesia di Paris adalah L’INDONESIE A L’HONNEUR. VITO France dengan salah satu Supemarket ASIA terbesar di Perancis, Paris Store untuk mengadakan demo memasak, in store product tasting, survey, dan pertunjukan tarian tradisional Indonesia yang akan diselenggarakan di Paris Store, Sabtu (13/7/2019).

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X