Mengenal Olahraga "Paddle", Tantangan Susi Pudjiastuti ke Mark Zuckerberg

Kompas.com - 10/07/2019, 09:06 WIB
Ilustrasi Paddle Susi Pudjiastuti vs Mark Zuckerberg dari @supandkayakevent https://www.instagram.com/supandkayakevent/Ilustrasi Paddle Susi Pudjiastuti vs Mark Zuckerberg dari @supandkayakevent

KOMPAS.com – Menteri Susi Pudjiastuti menyampaikan tantangannya kepada Mark  Zuckerberg untuk lomba paddle melalui kolom komentar instagram Mark.

Dalam instagram, Mark mengunggah foto dirinya sedang naik paddle dengan caption foto “Tahoe Sunset”

Susi menyampaikan tantangannya dengan meminta saham facebook sebagai hadiah.

Sebelum menantang Mark, Susi juga pernah menantang mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno untuk berlomba olahraga air ini. Susi dengan paddle, sementara Sandiaga berenang.

Lantas, apa sebenarnya “paddle” yang menjadi salah satu olahraga favorit menteri Susi Pudjiastuti ini?

Melansir dari paddleboardthrills.com/, paddle adalah olahraga air populer yang dilakukan di laut terbuka. Orang-orang menggunakan lengan mereka sambil berbaring, berlutut atau berdiri di atas papan dayung atau papan selancar untuk berenang dan mendorong ke depan.

Stand up paddle boarding (SUP) merupakan turunan baru dari Paddle Boarding yang baru ada selama dekade terakhir. 

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat berolahraga paddle board di sela kunjungannya ke Natuna, Minggu (28/1/2018)KOMPAS.com/ YOGA HASTYADI WIDIARTANTO Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti saat berolahraga paddle board di sela kunjungannya ke Natuna, Minggu (28/1/2018)
Tak seperti berselancar, SUP memungkinkan siapapun untuk berlatih olahraga ini di danau atau sungai selain laut.

Olahraga ini mengkombinasikan selancar dan kayak. Namun, tidak memerlukan ombak ke papan seperti jika sedang berselancar. Faktanya, air yang tenang dan rata lebih baik jika Kamu seorang pemula.

Dalam olahraga paddle, usia dan tingkat kebugaran bukanlah suatu masalah. Siapa pun dapat mencoba paddle. 

Paddle dapat membantu meningkatkan tingkat kebugaran secara keseluruhan di mana pun berada. Olahraga ini mudah dipahami dan cukup mudah untuk dilakukan siapapun

Olahraga air ini juga dipercaya membantu menghilangkan stres. Orang-orang bahkan mempraktikkan gerakan yoga mereka di atas papan paddle.

Meski belum terlalu familiar di Indonesia, olahraga paddle kerap diadakan di Pulau Seribu, Pelabuhan Ratu sampai Bali. Paddle bisa menjadi alternatif aktivitas menikmati indahnya pemandangan laut.

Dua wisatawan mancanegara bermain stand up paddleboard atau berselancar menggunakan dayung  di Pantai Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/10). Pantai Mandalika yang berada dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika dan termasuk dalam 10 destinasi wisata prioritas nasional ini memiliki daya tarik berupa pantai sepanjang 14,6 km yang membentang dari barat hingga ujung timur Pantai Tanjung Aan dengan keunikan pasir putihnya menyerupai biji merica. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/kye/17 ANTARA FOTO/AHMAD SUBAIDI Dua wisatawan mancanegara bermain stand up paddleboard atau berselancar menggunakan dayung di Pantai Mandalika, Kuta, Praya, Lombok Tengah, NTB, Selasa (10/10). Pantai Mandalika yang berada dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika dan termasuk dalam 10 destinasi wisata prioritas nasional ini memiliki daya tarik berupa pantai sepanjang 14,6 km yang membentang dari barat hingga ujung timur Pantai Tanjung Aan dengan keunikan pasir putihnya menyerupai biji merica. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/kye/17
Ke depan, tepatnya pada tanggal 2-4 Agustus 2019 Indonesia juga akan menjadi tuan rumah acara Paddle Internasional. Acara bertema Belitong Geopark International SUP and Kayak Marathon (BGISKM) 2019 ini akan diadakan di Tanjung Kelayang, Bangka Belitung.

Kegiatan ini rencananya akan dibuat sebagai agenda tahunan untuk mendorong wisata bahari Indonesia, sekaligus untuk mendukung penetapan Belitong sebagai Unesco Global Geopark (UGG) pada 2020.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X