Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Turis Asing Kecewa saat Berburu Foto Pura Lempuyang Bali

Kompas.com - 10/07/2019, 19:01 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang wisatawan mancanegara (wisman) Polina Marinova kecewa ketika berburu foto ke Pura Lempuyang di Kabupaten Karangasem, Bali.

Bayangannya akan foto-foto cantik pengguna Instagram di gerbang Pura Lempuyang, ternyata hanyalah ilusi. Ia berpikir bahwa di area pura terdapat kolam atau genangan air untuk memantulkan bayangan para pengunjung yang berfoto di gerbang.

"Itu sungguh kelihatan luar biasa, tetapi tentunya di Instagram tidak ada satu pun orang yang menuliskan bahwa itu nyata. Jadi saya berasumsi ada air di sana," kata Polina Marinova yang juga editor di Majalah Fortune dikutip dari Insider. 

Nyatanya ketika sampai ke Pura Lempuyang, Marinova justru melihat jasa potret ilusi dengan cara menaruh cermin di bawah kamera smartphone. Sehingga pantulan pengunjung yang berfoto di Pura Lempuyang terlihat jelas.

"Bukti bahwa influencer Instagram merusak semuanya. Harapan dan mimpiku rusak ketika menemukan 'air' di Gerbang Surga sebenarnya adalah lapisan cermin di bawah iPhone," tulis Marinova di Twitter.

Unggahan tersebut lantas disukai lebih dari 14.000 kali, dan di retweet 9.3000 kali.

Nyatanya unggahan Marinova juga menuai pro dan kontra di kalangan netizen. Ada yang beranggapan bukan pengguna Instagram lain yang salah, hanya warga lokal yang menggunakan kreativitas.

Ada juga yang menyalahkan pengguna Instagram yang hanya mementingkan jumlah 'like' sehingga tidak memberi cerita sebenarnya.

Tak lupa, ada juga yang memuji fotografer akan kreativitas untuk membuat hasil foto yang fantastis.

Pura Lempuyang yang dikenal juga sebagai Pura Lempuyang Luhur atau Pura Penaratan Agung Lempuyang merupakan salah satu pura terbesar dan paling penting untuk umat Hindu beribadah di Pulau Bali. 

Pura ini menjadi viral sejak tahun lalu, lantaran gerbang pura yang menjulang tinggi menghadap langsung ke Gunung Agung. Di Instagram pura ini terkenal dengan taggar #gatesofheaven. Ada lebih dari 15.000 uanggahan foto yang menampilkan keindahan Pura Lempuayang ini. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com