FOTO: 7 Potret Indahnya Mendaki Gunung Sindoro via Tambi

Kompas.com - 11/07/2019, 09:07 WIB
Dataran Tinggi Dieng yang diselimuti awan dilihat dari Gunung Sindoro. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYADataran Tinggi Dieng yang diselimuti awan dilihat dari Gunung Sindoro.

WONOSOBO, KOMPAS.com – Panorama alam yang begitu indah dari ketinggian ribuan meter merupakan salah satu faktor yang membuat sejumlah orang tertarik untuk mendaki gunung.

Terlebih canggihnya teknologi sekarang membuat foto-foto keindahan di gunung bisa dengan mudah ditemukan di media sosial. Berbagai foto itu pun membuat semakin banyak orang yang ingin mendaki gunung.

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (1)

Keindahan panorama alam salah satunya bisa ditemukan di Gunung Sindoro yang berada di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah. Berikut adalah 7 potret keindahan panorama di gunung setinggi 3.153 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu dari jalur Tambi:

1. Hamparan Kebun Teh Tambi

Pendaki akan langsung disuguhkan dengan keindahan panorama alam begitu mulai mendaki Gunung Sindoro dari jalur Tambi. Istimewanya, pendaki akan melalui hamparan Kebun Teh Tambi dengan latar belakang Gunung Sindoro.

Pendakian Menuju Gunung Sumbing Lewat Kebun Teh Tambi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Pendakian Menuju Gunung Sumbing Lewat Kebun Teh Tambi.
Pendaki pun seolah akan tergoda untuk berfoto saat berjalan di kawasan Kebun Teh Tambi yang terbentang sampai patok besi di atas Pos II. Namun hendaknya pendaki tidak sampai merusak tanaman teh saat berfoto di sana.

2. Dataran Tinggi Dieng dari ketinggian

Usai Patok Besi, pendaki akan melewati hutan. Kawasan terbuka baru akan tersaji usai Pos III, tepatnya di Area Camping Pos III Gunung Sindoro via Tambi. Dari sana, Dataran Tinggi Dieng akan terlihat begitu memesona dari ketinggian.

Panorama Dataran Tinggi Dieng dilihat dari Gunung Sindoro.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Panorama Dataran Tinggi Dieng dilihat dari Gunung Sindoro.
Tampak kawasan permukiman yang dikelilingi oleh pegunungan di sekitarnya, salah satunya adalah Gunung Prau. Saat sore hari, pemandangan semakin memanjakan mata dengan Dataran Tinggi Dieng yang diselimuti awan.

Dataran Tinggi Dieng yang Diselimuti Awan Dilihat Dari Gunung Sindoro.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Dataran Tinggi Dieng yang Diselimuti Awan Dilihat Dari Gunung Sindoro.
Puncak-puncak tertinggi di kawasan Dieng akan terlihat bagai pulau yang ada di antara lautan awan. Biasanya lautan awan ini akan tersaji di depan mata pada sore hari.

3. Sunset dan Atap Jawa Tengah

Matahari Terbenam Dilihat dari Area Camping Pos III Gunung Sindoro via TambiKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Matahari Terbenam Dilihat dari Area Camping Pos III Gunung Sindoro via Tambi
Keindahan matahari terbenam bisa disaksikan dengan begitu indah dari Area Camping Pos III. Sunset yang tampak di antara pohon-pohon lamtoro terlihat begitu menawan dengan lautan awan di bawahnya.

Gunung Slamet dengan puncaknya yang mengeluarkan asap dilihat dari Gunung Sindoro dengan lenza zoom.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Slamet dengan puncaknya yang mengeluarkan asap dilihat dari Gunung Sindoro dengan lenza zoom.
Sunset juga tidak sendirian. Di kaki langit sebelah barat, tampak “Atap Jawa Tengah” atau Gunung Slamet yang memiliki ketinggian 3.428 mdpl dengan puncaknya yang mengeluarkan asap.

4. Milky Way di langit malam Gunung Sindoro

Bimasakti atau Milky Way yang Tersaji di Pos III Pendakian Gunung Sindoro via Tambi.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Bimasakti atau Milky Way yang Tersaji di Pos III Pendakian Gunung Sindoro via Tambi.
Usai sampai Area Camping Pos III, pendakian akan dilanjutkan pada dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Namun sebelum berangkat, pendaki bisa memotret keindahan malam yang begitu menakjubkan.

Saat malam tanpa bulan, bintang-bintang malam akan menampakkan dirinya. Milky Way atau bimasakti menjadi obyek foto yang bisa diabadikan para pendaki melalui lensa kamera DSLR atau mirrorless-nya.

5. Matahari terbit di ufuk timur

Sunrise menjadi salah satu momen yang biasanya dinanti para pendaki gunung, termasuk saat mendaki Gunung Sindoro. KompasTravel menyaksikan sendiri keindahan momen matahari terbit saat sampai di Puncak Gunung Sindoro, Senin (1/06/2019) sekitar pukul 05.50 WIB.

Matahari Terbit Dilihat dari Puncak Gunung Sindoro.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Matahari Terbit Dilihat dari Puncak Gunung Sindoro.
Matahari tidak muncul sendirian di ufuk timur. Kemunculannya akan ditemani oleh Gunung Ungaran yang berdiri di sebelah timur Gunung Sindoro. Jika ingin menikmati sunrise di Puncak Gunung Sindoro, berangkat dari tempat berkemah sekitar pukul 02.00 WIB.

6. Barisan gunung-gunung yang begitu memesona

Pemandangan ke segala arah saat tiba di Puncak Gunung Sindoro memang tidak ada duanya. Usai momen matahari terbit berlalu, keindahannya masih bisa disaksikan dari sana, salah satunya adalah barisan gunung-gunung yang berada di sisi selatan sampai timur.

Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Lawu, Andong, dan Telomoyo yang terlihat jelas dari Puncak Gunung Sindoro.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Lawu, Andong, dan Telomoyo yang terlihat jelas dari Puncak Gunung Sindoro.
Mulai dari sisi selatan, tampak Gunung Sumbing yang begitu besar dengan punggungannya yang gagah. Selanjutnya di ufuk timur, terlihat Gunung Merapi, Merbabu, Lawu, Telomoyo, dan Andong yang berbaris rapi seolah melambaikan tangannya untuk didaki.

7. Kawah utama Gunung Sindoro

Satu spot foto favorit para pendaki di Puncak Gunung Sindoro adalah dekat kawah utama. Nantinya pendaki akan berfoto dengan kawah yang masih aktif dan mengeluarkan asap belerang.

Seorang pendaki di Puncak Gunung Sindoro.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Seorang pendaki di Puncak Gunung Sindoro.
Bisa dibilang kawah utama tersebut merupakan ikon Gunung Sindoro. Meski demikian, pendaki harus tetap berhati-hati saat berfoto di sana dan meninggalkan area puncak pukul 11.00 WIB karena aktivitas kawah yang kemungkinan meningkat di siang hari.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X