Kenalkan Ini Simeulue, Surga Bagi Para Peselancar

Kompas.com - 11/07/2019, 11:30 WIB
Pantai Mahi-mahi Surf Resort, Simeulue, Aceh Utara. Dok. Humas Kementerian PariwisataPantai Mahi-mahi Surf Resort, Simeulue, Aceh Utara.


KOMPAS.com
- Air lautnya bersih dan jernih, sementara pantainya berpasir putih. Adapun ombaknya disenangi para peselancar karena memiliki ketinggian 5 meter, sehingga sangat pas buat bermain surfing atau selancar.

Ya, itu adalah gambaran singkat tentang keindahah Pantai Mahi-mahi Surf Resort, Simeulue, Aceh Utara. Dengan segala pesona bahari yang dimilikinya itu, Simeulue menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

"Kalau belum datang pasti sulit membayangkan keindahannya. Silakan datang dan buktikan sendiri supaya enggak penasaran," tutur Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Simeule, Abdul Karim, Rabu (10/7/2019) di Simeulue, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan di Pantai Mahi-Mahi aroma “Bali” begitu terasa. Pasalnya di sini wisatawan mancanegara (wisman) terlihat menikmati hilir mudik sambil membawa papan surfing.

Baca jugaSimeulue, Surganya Wisata Bahari

“Di sini melihat bule-bule bermain surfing, menantang ganasnya ombak menjadi pemandangan biasa. Pokoknya pantai-pantai di Simeulue, surga bagi para surfers,” kata dia.

Sebenarnya, kata Abdul Karim, tak hanya Pantai Mahi-Mahi, di Pulau Simeulue ada banyak pantai-pantai yang cantik, asri dan alami. Keindahannya pun tak kalah dengan pantai di Bali.

Nah, bila bosan dengan pemandangan pantai, Anda bisa berkunjung ke Batu Rundung Surf & Resort yang terletak di kaki Gunung Laayon Angkeo. Di sini Anda bisa melihat pemandangan eksotis samudera lepas.

Adapun bagi pecinta scuba diving, keindahan alam bawah laut di Pulau Simeulue juga tak kalah menarik dari pantainya. Untuk urusan makanan, di juga tersedia berbagai kuliner makanan khas Aceh yang menggugah selera.

Salah satu Pantai di Pulau Simeulue, Aceh Utara.Dok. Humas Kementerian Pariwisata Salah satu Pantai di Pulau Simeulue, Aceh Utara.

Sadar akan potensinya, tim Bimbingan Teknis (Bimtek) Homestay dan Desa Wisata dari Kementerian Pariwisata ( Kemenpar) langsung berkunjung ke Pulau Simeulue dan menjelajahi pantai-pantai di sana.

“Potensi wisata bahari kita memang world class semua, termasuk Simeulue ini,” kata Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman.

Adapun Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional I Lokot Ahmad Enda mengatakan, jika disandingkan Pantai di Simeulue ini tak kalah dengan Krui di Lampung, Mentawai atau Nias.

“Ombaknya oke, masyarakatnya ramah, panoramanya keren, kulinernya juga enak-enak. Ini benar-benar menjadi sekeping surga di Aceh," papar Lokot Ahmad Enda.

Baca jugaSail Nias, Gerbang Destinasi Wisata Bahari Dunia

Sementara itu, terkait keindahan bahari di Simeulue, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan bahari adalah kekuatan pariwisata Indonesia. Pasalnya, banyak wisatawan datang ke Indonesia untuk menikmati kekayaan bahari Tanah Air.

“Indonesia adalah negara kepulauan. Negara yang sangat kaya akan potensi bahari. Kekayaan ini harus terus diangkat. Serta diperkenalkan kepada wisatawan,” papar Mantan Dirut PT Telkom itu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X