4 Panduan Berwisata ke Pura Lempuyang

Kompas.com - 11/07/2019, 13:17 WIB
Wisatawan asing di Pura Lempuyang, Karangasem, Bali, Kamis (7/12/2017).  ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Wisatawan asing di Pura Lempuyang, Karangasem, Bali, Kamis (7/12/2017).

KOMPAS.com – Pura Lempuyang yang berada di Karangasem, Bali merupakan pura yang memesona. Meski seorang turis mengaku kecewa usai berkunjung kemari lantaran aslinya tak seheboh gambar yang dilihatnya di instagram, Pura Lempuyang tetap menyimpan banyak keunikan.

Bagi masyarakat Bali, Pura ini dianggap suci dan masuk ke dalam Pura Sad Kahyangan. Nah, jika Kamu ingin berkunjung ke Pura Lempuyang berikut ini beberapa panduan untuk Kamu yang ingin datang ke Pura Lempuyang:

1. Datanglah Pagi Hari ke Pura Lempuyang

Waktu paling direkomendasikan untuk berkunjung ke Pura Lempuyang adalah saat pagi hari. Pemangku di Pura Lempuyang Luhur mengatakan pagi hari menjadi saat yang cocok untuk penyucian jiwa.

Baca juga: Viral, Turis Asing Kecewa saat Berburu Foto Pura Lempuyang Bali

Dengan berkeliling ke tujuh pura, wisatawan bisa menghirup udara Bukit Lempuyang yang bersih dan segar.

2. Ambillah Gambar dengan Posisi yang Tepat

Wisatawan yang datang ke pura dan ingin mengambil foto, biasanya mengambil sudut pengambilan gambar gapura pura.

Dengan sudut pengambilan foto yang tepat, di tengah gapura tampak Gunung Agung dalam ukuran presisi.

Baca juga: Kisah Nyata saat Berburu Berfoto Instagramable di Pura Lempuyang Bali

Foto yang beredar di instagram, bahkan banyak yang menggunakan aplikasi pembesaran obyek yang ada di smartphone untuk mendapatkan efek Gunung Agung terlihat besar.

Tanpa menggunakan, jasa ilusi foto sebenarnya wisatawan juga bisa memanfaatkan pantulan air hujan yang ada ketika sedang musim hujan untuk mendapatkan efek pantulan pura di air.

3. Persiapkan Fisik

Pura Lempuyang Luhur, Karangasem, Bali.KOMPAS.com / Silvita Agmasari Pura Lempuyang Luhur, Karangasem, Bali.

Guna mencapai Pura Lempuyang yang ada di puncak Gunung Lempuyang, maka wisatawan harus melewati 1.700 anak tangga.

Pura ini berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut, karena itulah sebelum kemari persiapkan fisik sebaik mungkin. Ada baiknya pengunjung makan dahulu, dan membawa air putih untuk minum saat kemari.

4. Taati Aturan

Karena Pura Lempuyang digunakan sebagai tempat ibadah, maka ada beberapa aturan yang harus ditaati wisatawan.

Diantaranya adalah tidak boleh memasuki Pura bagi wanita yang sedang dalam kondisi haid, tidak boleh mengambil foto dengan mengangkat kaki terlalu tinggi, karena akan dianggap tidak sopan. Serta tidak diperbolehkan bicara kotor selama berada di lingkungan Pura.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X