5 Cara Dapat Tiket Murah Citilink dan Lion Air

Kompas.com - 11/07/2019, 15:28 WIB
ILUSTRASI - Saat merencanakan perjalanan, lakukan pemesanan jauh-jauh hari baik tiket pesawat dan kereta api, hotel, paket tur, sampai sewa mobil.Shutterstock ILUSTRASI - Saat merencanakan perjalanan, lakukan pemesanan jauh-jauh hari baik tiket pesawat dan kereta api, hotel, paket tur, sampai sewa mobil.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabar gembira di tengah harga tiket pesawat yang terbilang mahal beberapa bulan belakangan. Pemerintah meminta maskapai berbiaya rendah yakni Citilink dan Lion Air untuk menurunkan harga tiket pada waktu tertentu. Perlu diketahui, Air Asia tidak diwajibkan karena sebelumnya telah menurunkan harga tiket pesawat.

Namun sebelum berburu tiket, ada baiknya ketahui langkah pemesanan yang tepat. Sebab aturan pemerintah memberlakukan jadwal keberangkatan dan jumlah kursi yang dijual murah. Sisanya terbilang harga normal.

Berikut adalah cara mendapatkan tiket murah Citilink dan Lion Air sesuai ketentuan pemerintah:

1. Pilih Hari dan Jam Berikut Ini

Harga tiket Citilink dan Lion Air diturunkan 50 persen dari tarif batas atas yang ditentukan pemerintah. Dengan catatan jadwal keberangkatan pesawat hanya Selasa, Kamis, dan Sabtu untuk pukul 10.00-14.00 waktu setempat.

KompasTravel mencoba melakukan pengecekan terhadap tiket di luar hari tersebut dan di atas pukul 14.00, dan ternyata perbandingan harga memang terbilang jauh khususnya pada Citilink.

2. Tidak Semua Kursi Didiskon

Sebanyak 11.626 kursi maskapai, yakni 3.348 dari 62 rute Citilink dan 8.726 dari 146 rute dari Lion Air yang diturunkan harganya. Total 30 persen dari ketersediaan kursi pesawat. Dengan kata lain, untuk mendapatkan harga tiket murah terbilang kompeititif.

3. Pesan Jauh Hari

Oleh karena tidak semua kursi didiskon, ada baiknya pesan jauh hari tiket penerbangan. Sebab semakin dekat jadwal penerbangan, ketersediaan kursi murah sudah semakin habis.

4. Pesan Pukul 11 Siang

Di dunia agen perjalanan, pukul 11.00 terkenal sebagai waktu maskapai melakukan seat control. Ini adalah saat maskapai melakukan pembatalan reservasi, bagi tiket yang sudah dipesan tetapi tidak dibayar. Jadi ada beberapa tiket yang sudah dibatalkan, biasanya keluar kembali pukul 11.00 ini.

5. Pakai Promo OTA atau Bank

Pada era tiket mahal, banyak OTA dan bank yang menggelontorkan promo untuk menarik minat konsumen tetap membeli tiket. Manfaatkan promo ini dengan cara mengecek dahulu promo berlaku sebelum membeli tiket. Hal ini dapat membantu tiket jadi lebih murah.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X