Asal Usul Nama Goa Batu Cermin yang Dikunjungi Jokowi

Kompas.com - 12/07/2019, 15:41 WIB
Lubang di Goa Batu Cermin, tempat masuknya sinar matahari. Maka tempat itu disebut Batu Cermin. Inilah keunikan Goa Batu Cermin di Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Flores, NTT, Rabu (31/8/2016). KOMPAS.COM/MARKUS MAKUR Lubang di Goa Batu Cermin, tempat masuknya sinar matahari. Maka tempat itu disebut Batu Cermin. Inilah keunikan Goa Batu Cermin di Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Flores, NTT, Rabu (31/8/2016).

KOMPAS.com – Goa Batu Cermin merupakan salah satu goa yang berada di wilayah Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Goa ini menjadi goa yang dikunjungi Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelang akhir kunjungan kerjanya di NTT.

Untuk Kamu yang belum tahu tentang Goa Batu Cermin, dan ingin tahu seputar asal usul nama Goa Batu Cermin ini, berikut KompasTravel mencoba membahasnya.

Nama Goa Batu Cermin, berasal dari bahasa Manggarai. Ketika wisatawan memasuki mulut goa dan semakin masuk ke dalam, maka nantinya akan tiba di sebuah bagian dimana cahaya matahari akan terlihat menembus masuk dengan cara tegak lurus.

Masyarakat menyebut goa ini dengan Goa Watu Sermeng. Mengapa dinamakan demikian? Hal ini lantaran dalam bahasa Manggarai, watu adalah batu. Dan Sermeng adalah cermin.

Seorang wisatawan mancanegara asal India menaiki tangga di obyek wisata Goa Batu Cermin, Desa Batu Cermin, Kecamatan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (18/11/2015). Pada obyek wisata Goa Batu Cermin, terdapat tangga yang memudahkan wisatawan untuk menjelajah.KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Seorang wisatawan mancanegara asal India menaiki tangga di obyek wisata Goa Batu Cermin, Desa Batu Cermin, Kecamatan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (18/11/2015). Pada obyek wisata Goa Batu Cermin, terdapat tangga yang memudahkan wisatawan untuk menjelajah.

Disebut Watu Cermin karena diantara selah-selah batu goa, terdapat sinar matahari yang masuk yang kemudian cahayanya memantul ke batu-batu yang kemudian menyinari ruangan layaknya cermin yang memantulkan cahaya mentari.

Baca juga: Dua Hari Jokowi di Labuan Bajo, Melihat Komodo hingga Masuk Goa Batu Cermin

Konon, Goa Batu Cermin ditemukan oleh seorang misionaris asal Belanda yang bertugas di Keuskupan Ruteng.

Untuk berkunjung ke tempat ini, jangan lupa gunakan peralatan safety yang sudah disediakan seperti helm.

Saat berkunjung ke Goa Batu Cermin Jokowi juga sempat mengunggah fotonya di media sosial. Dalam unggahannya, Jokowi juga sedikit membahas tentang asal-usul nama goa ini:

"Jutaan tahun lalu, konon posisi goa ini ada di bawah laut. Lalu di satu masa terjadi pergeseran lempeng bumi dan sebagian wilayah di Pulau Flores tenggelam, ada juga yang naik ke permukaan.

Salah satu yang muncul di permukaan adalah goa yang saya kunjungi kemarin ini. Di bagian tengahnya ada ruang yang cukup lapang untuk 15 orang.

Pada waktu-waktu yang tepat, rongga di atasnya menjadi lorong cahaya yang memantul di dinding goa dan membentuk cermin alam.

Itulah asal muasal goa ini disebut Goa Batu Cermin. Goa Batu Cermin adalah salah satu daya tarik pariwisata NTT, selain Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo.

Pemerintah juga hendak mengembangkan kawasan Goa Batu Cermin ini menjadi kawasan wisata dengan pusat belanja kreatif Kampung Festival Labuan Bajo yang dilengkapi area parkir, taman bermain anak, panggung terbuka, hingga pusat kuliner," tulis Jokowi.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X