Berani Melanggar Aturan saat Mendaki Sindoro? Berikut Sanksinya

Kompas.com - 15/07/2019, 15:02 WIB
Panorama Gunung Sindoro dilihat dari Gunung SumbingKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Panorama Gunung Sindoro dilihat dari Gunung Sumbing

WONOSOBO, KOMPAS.com – Ada beberapa gunung yang seolah selalu ramai di musim pendakian. Biasanya gunung-gunung itu mempunyai jalur pendakian yang singkat dan mudah untuk dilalui pendaki pemula.

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (1)

Beberapa gunung itu contohnya adalah Prau dan Andong di Jawa Tengah. Meski demikian, ada gunung dengan ketinggian lebih dari 3.000 meter di atas 3.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) juga tidak kalah favorit.

Gunung di atas ketinggian 3.000 mdpl favorit para pendaki di antaranya adalah Gede-Pangrango, Merbabu, Semeru, Sumbing, dan Sindoro. Nama terakhir merupakan sebuah gunung yang ada di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah.

Seputar Gunung Sindoro

Gunung Sindoro menjulang dengan ketinggian mencapai 3.153 mdpl. Letak Sindoro bersebelahan dengan Gunung Sumbing dengan ketinggian 3.371 mdpl sehingga keduanya kerap disebut Gunung Kembar atau Double S.

Baca juga: Catatan Panduan Mendaki Gunung Sindoro via Tambi (2)

Ada pula sebutan Triple S yang cukup populer di Jawa Tengah. Itu karena ada tiga gunung di atas 3.000 mdpl yang ada di Jawa Tengah dan letaknya tidak terlalu jauh. Ketiga gunung itu adalah Sumbing, Sindoro, dan Slamet.

Triple S Jawa Tengah dilihat dari Gunung Merbabu: Gunung Sumbing 3.371 mdpl paling kiri, Gunung Slamet 3.428 mdpl tengah belakang, dan Sindoro 3.153 mdpl paling kanan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Triple S Jawa Tengah dilihat dari Gunung Merbabu: Gunung Sumbing 3.371 mdpl paling kiri, Gunung Slamet 3.428 mdpl tengah belakang, dan Sindoro 3.153 mdpl paling kanan.
Khusus Sindoro, gunung ini kerap menjadi tujuan pendakian. Itu salah satunya karena akses menuju basecamp pendakian yang cukup mudah. Biasanya pendaki naik dari Basecamp Kledung yang ada di samping jalan utama Wonosobo-Temanggung.

Namun selain Kledung, masih ada jalur lain untuk mencapai Puncak Gunung Sindoro. Salah satu jalur pendakian yang tidak kalah favorit adalah melalui Kebun Teh Tambi, Wonosobo.

Pelanggaran dan ketentuan denda pendakian Gunung Sindoro via Tambi

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X