Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Menu di Kelas Bisnis Garuda Pakai Tulis Tangan, YouTuber Ini Beri Bukti Video

Kompas.com - 15/07/2019, 15:31 WIB
Sherly Puspita,
Ana Shofiana Syatiri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Rius Vernandes, pemilik akun instagram @rius.vernandes akhirnya buka suara terkait polemik yang timbul akibat unggahan insta story-nya yang menunjukkan foto kartu menu kelas bisnis maskapai penerbangan Garuda Indonesia rute Sydney-Denpasar yang hanya berupa tulisan tangan di atas selembar kertas.

Foto tersebut Ia unggah pada Sabtu (13/7/2019) malam. Dalam unggahannya, pemilik akun dengan lebih dari 93.000 pengikut ini menambahkan keterangan: "Menu yang dibagiin tadi di Business Class @garuda.indonesia tadi dari Sydney-Denpasar. Menunya masih dalam percetakan Pak”.

Rius memberikan penjelasan selengkapnya mengenai kartu menu Garuda Indonesia di kelas bisnis tersebut di akun Youtube-nya, Minggu (14/7/2019) malam.

Dalam video berdurasi 21 menit 7 detik, Rius mengaku melihat penumpang lain yang duduk di depannya mendapatkan menu dengan tulisan tangan seperti yang Ia unggah di Instagram pribadinya.

Baca juga: Pramugari Garuda Indonesia Kenakan Kebaya Anne Avantie di Rute Spesial

 

Hal itu Ia buktikan dengan potongan video yang menggambarkan seorang pria tengah memegang kertas menu tersebut sambil berbincang dengan pramugari.

Unggahan akun instagram @rius.vernandes mengenai kartu menu kelas bisnis maskapai Garuda Indonesia yang disebut hanya ditulis tangan. Screenshot diambil pada Minggu (14/7/2019).Screenshot Instagram @rius.vernandes Unggahan akun instagram @rius.vernandes mengenai kartu menu kelas bisnis maskapai Garuda Indonesia yang disebut hanya ditulis tangan. Screenshot diambil pada Minggu (14/7/2019).

“Gua lihat penumpang di depan gue dibagiin menu seperti itu, gua bingung kok dibagiin menu seperti itu."

"Jadi buat kalian yang bilang gua ngambil catatan pramugarinya itu salah, gua enggak ngambil, gua enggak maksa, itu dikasih ke semua orang, emang dikasih ke penumpang."

"Penumpang yang lain juga dapat menu yang sama. Tapi menunya itu cuma ada satu yang dicatat. Ketika pramugarinya datang ke bangku kita, kita baru lihat menu yang dicatat itu,” papar Rius dalam video tersebut.

Baca juga: Daftar 10 Maskapai Terbaik Dunia Tahun 2019, Tak Ada Garuda Indonesia

Dalam video itu, Rius juga menampilkan potongan video yang menampilkan pramugari tengah menjelaskan alasan penggunaan kartu menu tak standar tersebut.

“Maaf, untuk menu card nya kita lagi dalam proses percetakan. Jadi saya ada menuliskan,” ujar pramugari dalam video tersebut.

“Jelek tulisannya, kak,” sebut pramugari ketika Rius hendak mengabadikan kartu menu tersebut.

Baca juga: Garuda Indonesia Turunkan Harga Tiket di Jam-jam Tertentu


Menurut Rius, penjelasan dari pramugari tersebut yang membuatnya menambahkan keterangan “menunya masih dalam percetakan Pak” dalam unggahan insta story-nya.

“Dan di story gue itu tuh gue cuma kasih tau menu yang gua dapat. Sama seperti flight-flight lain ketika gua terbang."

"Dan gue selalu kasih tanda face palm (tepuk jidat) di insta story itu karena emang enggak seharusnya lagi dalam proses percetakan. Jadi bukan salah pramugarinya, bukan salah siapa-siapa. Karena gua ngerasa itu nggak seharusnya terjadi aja,” ujarnya melanjutkan.

Rius menegaskan, tak hanya Garuda Indonesia, Ia juga selalu mendokumentasikan kartu menu maskapai lain saat tengah melakukan review pesawat.

Baca juga: Viral Daftar Menu di Kelas Bisnis Garuda Pakai Tulis Tangan, Benarkah Begitu?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com