Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Petik Sayuran dan Buah Langsung ala Pedesaan di Kota Gresik

Kompas.com - 15/07/2019, 21:00 WIB
Hamzah Arfah,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Keseruan agenda petik sayur dan buah-buahan secara langsung dari lahan pertanian mendapat perhatian tersendiri dari warga perkotaan yang ada di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Sebagai kota industri, pemandangan agenda seperti ini tentu jarang mereka jumpai di sela-sela aktivitas padat pekerjaan sehari-hari.

Agenda petik sayur dan buah-buah ini langsung dilakukan oleh warga di Kebun Percobaan (Buncop) PT Petrokimia Gresik di Jalan Notoprayitno, Gresik. Warga merasa antusias menyambut agenda setahun sekali ini, bahkan ada yang sudah berada di lokasi sejak pagi.

"Ini tadi berangkat dari rumah sejak pagi, pukul 06.00 WIB, biar nggak ketinggalan. Nggak tahunya di sini sudah banyak warga lain yang mengantre," ujar Retno Sulistyaningtyas (31), warga pongangan, Kecamatan Manyar, Gresik, Minggu (14/7/2019).

Meski mengantre, Retno mengaku senang, karena agenda Petro Agrifood Expo yang digelar oleh PT Petrokimia Gresik memang cukup langka, lantaran hanya digelar satu tahun sekali.

Di kebun percobaan PT Petrokimia Gresik, warga bisa petik buah dan sayuran secara langsung.KOMPAS.com / HAMZAH Di kebun percobaan PT Petrokimia Gresik, warga bisa petik buah dan sayuran secara langsung.
Terlebih, di wilayah perkotaan Gresik saat ini momen seperti itu sudah cukup langka, dapat memetik sayuran dan buah-buahan langsung dari tempat tumbuhnya.

"Ini tadi metik melon dan kangkung. Pengennya sih metik yang lain, tapi dibatasi oleh panitia dan sudah banyak orang yang berebut," ucap dia.

Dalam agenda petik sayur dan buah kali ini, pihak panitia dari PT Petrokimia Gresik memang membatasi setiap pengunjung hanya diperbolehkan memetik dua buah melon saja.

Sementara untuk sayuran bebas atau dibuat longgar dengan tidak dibatasi. Usai memetik, para pengunjung tinggal menimbang sayuran atau buah yang telah dipetik untuk dihitung kasir, dengan varian harga yang telah ditentukan.

"Sama keluarga, pengen petik sayur dan buah langsung sama anak dan suami. Seneng, apalagi ini langsung petik dengan buah dan sayuran yang masih segar. Bisa buat liburan akhir pekan sama keluarga juga," tutur Niken Kusumawati (28), warga Jalan Veteran, Gresik.

Warga memadati kebun percobaan PT Petrokimia Gresik, untuk petik buah dan sayuran secara langsung, Minggu (14/7/2019).KOMPAS.com / HAMZAH Warga memadati kebun percobaan PT Petrokimia Gresik, untuk petik buah dan sayuran secara langsung, Minggu (14/7/2019).

Luncurkan Produk Baru

Agenda Petro Agrifood Expo sendiri berlangsung selama tiga hari, dari Jumat hingga Minggu (12-14/7/2019).

Pada saat pembukaan, PT Petrokimia Gresik juga meluncurkan produk baru yakni, NPK Petro Ningrat 12-11-20.

NPK Petro Ningrat merupakan pupuk untuk tanaman perkebunan, hortikultura buah dan umbi, antara lain tembakau, kentang, cabai, bawang merah, tomat, melon, serta buah-buahan.

"Produk ini melengkapi deretan produk inovatif Petrokimia Gresik di pasar komersial. Jika Phonska Plus menyasar pasar komersil pertanian, maka Petro Ningrat menyasar pasar komersil perkebunan melengkapi NPS Petro Nitrat yang sudah lebih dulu diluncurkan tahun lalu,” ujar Direktur Utama (Dirut) PT Petrokimia Gresik, Rahmad Pribadi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com